Breaking

Senin, 22 Juli 2019

1 Oktober 1945 Ditetapkan Sebagai Hari Jadi Sumbar

Baca Juga


PADANG, BijakNews.com -- Hari ini Senin (22/7), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah resmi menetapkan tanggal 1 Oktober 1945 sebagai Hari Jadi Sumbar. Penetapan itu dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD Sumbar bersama Pemerintah Provinsi (Pemrov) yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar Alwis.
Dipilihnya 1 Oktober 1945 sebagai hari jadi Sumbar, karena dinilai paling relevan dengan perjalanan penting sejarah Sumbar.
Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengatakan tanggal 1 Oktober 1945 adalah momen saat pembentukan keresidenan Sumbar. Pada saat itu digelar rapat KNID-SB (Dewan Perwakilan Rakyat) yang dipimpin oleh Moh. Syafei, DR. Moh. Jamil dan Rasuna Said.
Lebih lanjut Hendra Irwan Rahim menyebutkan, rapat memutuskan untuk membentuk kembali, dan mengambil alih kekuasaan Keresidenan Sumbar dari penjajah Jepang. Selain itu juga memilih dan menetapkan Moh. Syafei sebagai residen Sumatera Barat.
“Pada momen ini ada nilai-nilai dan semangat yang dapat menjadi sumber motivasi dan kebanggaan masyarakat, yaitu pengambilan kekuasaan pemerintahan keresidenan dari Jepang oleh pemuda dan pemudi Sumatera Barat,” ujar Hendra Irwan Rahim.
Hendra Irwan Rahim menegasakan perlu adanya Hari Jadi Sumbar. Bukan hanya selain untuk ada momen yang bisa diperingati setiap tahunnya, namun terpenting adalah, untuk meningkatkan rasa kebanggaan dan cinta terhadap daerah.
“Adanya hari jadi ini, juga merupakan penegasan marwah Sumatera Barat sebagai provinsi di NKRI,” ujarnya.
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar, Alwis yang menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sumbar tersebut mengatakan Perda Hari Jadi Sumatera Barat ini adalah Perda inisiatif DPRD Sumbar.
“Semoga Perda ini menjadi kebanggaan, menumbuhkan rasa memiliki dan kecintaan dari masyarakat terhadap daerahnya serta menjadi sumber motivasi untuk membangun Sumatera Barat ini,” kata Alwis.
Dilanjutkan Alwis, diharapkan Hari Jadi Sumatera Barat ini diperingati setiap tahunnya dengan melibatkan masyarakat Sumbar. (Syafri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar