Breaking

Rabu, 07 Agustus 2019

Ini Langkah Pemprov Sumbar Untuk Wujudkan Pendidikan SDM yang Berkualitas

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- Sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor dominan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pendidikan memerlukan SDM berkualitas untuk melaksanakan perannya dalam melayani kebutuhan pendidikan masyarakat
.
Kebutuhan pendidikan tersebut meliputi kebutuhan yang bersifat praktis situasional maupun bersifat prediktif antisipatif bagi transformasi sosial.  Untuk itu, sangat penting upaya pengembangan SDM bagi terwujudnya SDM bidang pendidikan yang berkualitas.



Untuk itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka peluang kerjasama dua sisi antara provinsi Sumbar dengan Provinsi Oryol, Rusia dengan penandatanganan kesepakatan “Sister Province”.

Kesepakatan “sister province” akan mempermudah hubungan kerjasama untuk dua belah pihak diantaranya di bidang pariwisata, argo industri, perdagangan, energi dan kelautan perikanan, dan tentu saja dalam bidang pendidikan.


Terkait soal kerjasama bidang pendidikan antara Provinsi Sumbar dengan Provinsi Oryol, Rusia, Gubernur Irwan Prayitno mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia yang ada di Sumbar. "Demi kemajuan pendidikan di Sumbar, kita akan fokus untuk pengembangan sumbar daya manusia yang ada di Sumbar melalui kerjasama dengan Universitas yang ada di Rusia, seperti pertukaran mahasiswa maupun studi banding mahasiswa Sumbar ke Rusia, atau melalui kegiatan lain yang dirasa perlu dilakukan untuk kemajuan pendidikan di Sumbar, ke depan kita akan coba lakukan hal itu" tukuk Gubernur Irwan Prayitno pada wartawan usai kunjungan ke Rusia, Rabu 7 Agustus 2019.



Program Sister Province adalah kesempatan besar untuk dua belah pihak mengembangkan kerjasama berbagai bidang. Tidak saja pengusaha, perguruan tinggi juga bisa memanfaatkan momentum ini.
Kegiatan gubernur di Rusia hingga 4 Agustus 2019 didampingi Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementerian Dalam Negeri, Bapak Dr. Nelson Simanjuntak dan delegasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dibidang Investasi dan Kerjasama. Kegiatan ini sekaligus untuk memenuhi undangan dari KBRI Moscow yang telah lama diagendakan.

Ada beberapa kegiatan penting lain yang diikuti Irwan Prayitno selama di negeri Beruang itu. Selain “sister province”, juga menghadiri dan sebagai pembicara pada kegiatan Indonesia – Rusia Business Forum dengan tema “Towards Indonesia – Rusia Strategic Partnership : Bridging Fruitfull Collaboration Tourism, Trade and Investment.


Kegiatan itu dihadiri oleh perusahaan- perusahaan besar di berbagai bidang yang ada di Rusia bersama 4 (empat) gubernur lainnya diantaranya Aceh, Jawa Tengah dan DIY.
Salah satu perusahaan bidang energi yaitu Fresvale akan menyampaikan paparan terkait Waste Management and Smart City kepada Kepala Daerah yang hadir.

 
Kemudian “One on one Metting” Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumbar dengan beberapa perusahaan Rusia yang bergerak di Bidang Energi dan Pariwisata.
Lalu ada pula kerjasama bidang Pendidikan dengan Universitas yang ada di Rusia untuk pengembangan Sumber Daya Manusia yang ada di Sumatera Barat. Kita memastikan bahwa kunjungan gubernur itu akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan Sumbar ke depan, dan tentunya juga membawa dampak positif bagi kemajauan pendidikan di Sumbar.

(rel/mrm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar