Breaking

Sabtu, 09 Mei 2020

Luhut Beberkan Strategi Keluar dari Pandemi Virus Corona: Setiap Wilayah Diperlakukan Berbeda

Baca Juga

Foto: Luhut Binsar Pandjaitan dan Jokowi. Luhut Beberkan Strategi Keluar dari Pandemi Virus Corona.

BIJAKNEWS.COM -- Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan strategi yang digunakan Pemerintah Indonesia dalam menghadapi penyebaran Virus Corona. Kebijakan yang diambil yakni mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Selama pandemi berlangsung, pemerintah Indonesia juga melakukan pemeriksaan massal kepada masyarakat. Lalu melakukan karantina pada masyarakat yang memiliki gejala secara terpusat.

"Pengujian besar-besaran dan pelacakan serta karantina terpusat," kata Luhut melansir dari bahan presentasinya, Jakarta, Sabtu, 9 Mei 2020.

Dalam menentukan masa darurat pandemi, pemerintah menggunakan landasan indikator yang terukur. Misalnya pengurangan jumlah kasus baru yang muncul, mengurangnya jumlah pasien dengan pemantauan (PDP), turunnya jumlah kasus baru dan meningkatnya pasien yang sembuh.

Untuk mencapai itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan PSBB. PSBB dilakukan secara berjenjang dari tingkat provinsi, kabupaten/kota dan wilayah kecil lainnya. Kebijakan ini juga dilakukan sesuai dengan penyebaran virus corona.

"Setiap wilayah (provinsi, kabupaten) diperlakukan berbeda sesuai dengan tahap kurva pandemi," kata Luhut.

Peran Masyarakat

Selain itu pemerintah juga pemerintah meminta masyarakat untuk menjalani protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Misalnya mewajibkan penggunaan masker dan mencuci tangan.

Pemerintah pusat juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan kesiapan wilayah mereka dan menjaga yang baik dan jelas. Cara ini pun ditinjau secara berkala. Jika jumlah kasus meningkat, maka pelaksanaan PSBB akan diperketat.

"Jika kasus mulai meningkat dengan angka sebelumnya, atau orang mengabaikan kesehatan protokol, PSBB/ lockdown akan diterapkan lagi," kata Luhut.

(Sumber: Merdeka.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar