Breaking

Senin, 07 Desember 2020

6 Cara Merawat Diri di Usia 30-an Agar Selalu Awet Muda

Baca Juga

Seiring dengan pertambahan usia, memiliki kesehatan yang optimal serta hidup yang lebih baik adalah dambaan. Bagaimana caranya?


Jakarta, Kupasonline -- Setiap wanita selalu ingin tampil cantik dan ingin selalu awet muda. Seiring dengan pertambahan usia, apalagi saat mulai menginjak usia kepala 3, memiliki kesehatan yang optimal serta hidup yang lebih baik tentu menjadi dambaan.


Namun, perlu proses untuk memperoleh itu semua, termasuk lewat perawatan diri. Penting untuk menemukan keseimbangan dan menyediakan waktu untuk kebiasaan sehat untuk menjaga kesehatan Anda.


Jika Anda sudah mempraktikkan perawatan diri yang baik di usia 20-an, Anda akan mencapai usia 30-an dengan sukses. Namun jika belum, tidak ada kata terlambat untuk menerapkan kebiasaan sehat.


Sebagaimana dilansir AsiaOne, perawatan diri di usia 30-an difokuskan untuk menjaga kekuatan otot, meningkatkan kesuburan, mengelola stres, dan mempelajari angka kesehatan Anda.


Berikut enam cara menerapkan perawatan diri di usia 30-an.


1. Olahraga


Sudah bukan rahasia lagi, bahwa olahraga merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan dan juga kesehatan. Untuk itu, Anda harus mulai rutin berolahraga ketika usia sudah menginjak kepala tiga.


2. Waktu Subur


Menurut Dr Kartin Hammarberg dari Monash University, waktu termudah untuk hamil adalah sebelum usia 30 tahun. Seiring bertambahnya usia, dibutuhkan waktu lebih lama untuk hamil dan kemungkinan melahirkan semakin berkurang.


Gaya hidup sehat meningkatkan peluang Anda untuk sukses hamil dengan tidak merokok, menjaga kesehatan alat vital Anda, serta menghindari atau membatasi alkohol dan kafein.


3. Atasi Stres


Tingkat stres akan meningkat seiring bertambahnya beban hidup yang dilalui. Untuk itu, Anda tidak dapat mengabaikan gangguan stres ini dan carilah cara untuk menguranginya.


Beberapa cara untuk mengatasi stres dapat dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup hingga kualitas tidur.


4. Ketahui riwayat kesehatan Anda


Mengambil tanggung jawab atas kesehatan Anda sendiri adalah langkah besar menuju perawatan diri. Mulailah dengan menanyakan anggota keluarga dekat tentang masalah kesehatan mereka dan buat catatan Anda sendiri dari situ.


Catat riwayat kesehatan Anda sendiri, faktor risiko dan pengobatan yang Anda gunakan.


Sistem ini akan membantu Anda (dan dokter Anda) memahami masalah apa pun yang mungkin muncul di masa mendatang, mencegah kesalahan dalam pengobatan dan diagnosis, dan membantu memutuskan tes pencegahan apa yang mungkin Anda perlukan.


Usia 30-an adalah waktu yang tepat untuk mulai memantau tekanan darah, kolesterol, dan jumlah gula darah untuk mengidentifikasi perlunya mengambil tindakan guna meningkatkan kesehatan jantung Anda.


Tekanan darah tinggi dan / atau kolesterol tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala, jadi Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki masalah sampai terjadi sesuatu yang serius.


Bicaralah dengan dokter Anda yang dapat mengatur pemeriksaan yang diperlukan dan memberi Anda nasihat, dari perubahan gaya hidup sederhana hingga pengobatan.


5. Tetap bernapas dengan baik


Anda akan terkejut betapa banyak yang tidak bernapas dengan cara yang sehat - baik menahan napas atau bernapas pendek - dan efek negatifnya bersifat kumulatif.


Tingkatkan manfaatnya dengan berhenti bernapas dari diafragma beberapa kali sehari, terutama saat Anda merasa lelah: Letakkan tangan di atas pusar, dan saat menarik napas, fokuslah untuk membuat perut dan dada Anda naik.


Ini akan mengembangkan paru-paru bagian bawah, sehingga Anda menghirup lebih banyak udara setiap kali bernapas. Ini juga merupakan penghilang kelelahan yang efektif


6. Makan lebih baik


Ahli Diet Bronwen Greenfield berbagi bahwa wanita semakin umum memiliki bayi di usia 30-an, jadi jika Anda ingin hamil, nutrisi yang baik adalah suatu keharusan untuk meningkatkan kesuburan di usia ini. Dan juga memastikan bahwa Anda melengkapi dengan folat.


Makan banyak makanan yang kaya zat besi, seng, dan antioksidan. Penting juga untuk menghindari alkohol dan kafein dosis tinggi jika Anda sedang mencoba untuk hamil.


Usia 30-an Anda juga merupakan usia di mana massa otot mencapai puncak, jadi pastikan Anda melanjutkan latihan kekuatan, dan mengonsumsi protein dan karbohidrat yang cukup untuk mengisi dan mengisi kembali simpanan otot(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar