Breaking

Senin, 07 Desember 2020

Beberapa Makanan yang Bisa Turunkan Risiko Kanker

Baca Juga

Beberapa Makanan yang Bisa Turunkan Risiko Kanker


Kupasonline — kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering dikenal sebagai tumor ganas. Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti semua orang. Berbagai upaya dilakukan agar tidak terserang kanker. Penyakit ini sendiri banyak macamnya, mulai kanker payudara, paru-paru, ovarium, hingga kulit.


Penyakit kanker bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyebab utamanya gaya hidup buruk. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan risiko terkena kanker, di antaranya Kombinasi diet dan olahraga, karena diet seimbang diyakini berperan penting mengurangi perkembangan kanker.


Seperti dirangkum dari laman Boldsky, Minggu (6/12/2020), berikut daftar makanan yang harus Anda konsumsi untuk menghindari risiko sakit kanker.


1. Beri


Beberapa buah beri seperti cranberry, blueberry, blackberry, blackcurrant, dan stroberi memiliki kandungan anthocyanin yang sangat baik, yaitu sebuah pigmen alami yang dikenal dapat menurunkan risiko kanker.


2. Apel


Apel memiliki kandungan antioksidan polifenol, yaitu senyawa nabati yang terbukti memiliki sifat antikanker, sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan infeksi lainnya.


3. Wortel


Menurut sebuah penelitian, orang yang merokok dan tidak makan wortel tiga kali lebih berisiko terkena kanker paru-paru daripada orang yang makan wortel lebih dari sekali dalam seminggu.


4. Pir


Lewat kandungan antioksidannya yang tinggi, buah pir adalah salah satu pelawan kanker yang baik, selain rasanya yang enak buah ini juga mudah didapat


5. Ikan


Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan dan minyak ikan dapat menghambat karsinogenesis penyebab kanker.


6. Teh hijau


Teh hijau mengandung senyawa penting seperti katekin dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Menurut penelitian, minum dua cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan risiko terkena kanker paru paru sebesar 18 persen.


7. Bawang putih


Bawang putih kaya akan allicin, sebuah senyawa aktif biologis yang berfungsi menginduksi kematian sel kanker usus besar.


8. Tomat


Kandungan Lycopene yang ditemukan dalam tomat telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan kanker paru-paru, lambung, payudara, usus besar, prostat, dan sel kanker mulut(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar