Breaking

Minggu, 06 Desember 2020

Beberapa Resep Viral yang Hits Mudah Dibuat

Baca Juga



Jakarta, Kupasonline -- Disaat pandemi seperti ini kita lebih banyak waktu dirumah dan bermain bersama keluarga. Disaat berkumpul pasti ada makanan untuk menambah kenikmatan saat berkumpul. Banyak dari ibu-ibu yang mencari di internet resep makanan yang akan dibuat. Salah satunya Tik-tok, Dari sekian banyak kontennya, berikut rangkuman resep ala TikTok yang paling hits dan mudah ditiru pemasak pemula.


Fenomena TikTok pun bermunculan dengan sajian konten beragam. Mulai dari komedi, drama, tips, kecantikan, sampai testimoni.


Tidak hanya itu, sejumlah TikTokers juga banyak yang membuat konten berupa resep praktis yang mudah ditiru pemasak pemula.


Dari sekian banyak kontennya, berikut ada beberapa rangkuman resep ala TikTok yang paling hits dan bisa dicoba di rumah.


1. Bolu Oreo Kukus


Resep Viral ala TikTok: Roti Bolu Oreo

Bolu Oreo hanya menggunakan 3 bahan utama, yakni biskuit oreo, susu, dan tepung maizena. Bahkan Anda tak perlu menggunakan mixer seperti membuat bolu pada umumnya.


Selain itu, bolu oreo ini dibuat dengan cara dikukus, sehingga menghasilkan tekstur padat namun tetap lembut di mulut. Berikut cara membuat bolu oreo kukus tanpa mixer.


Bahan Utama:

1 bungkus biskuit Oreo

100 ml susu UHT

50 gram gula

5 gram tepung maizena

100 gram keju parut (opsional)

Air secukupnya


Cara Membuat:

Campurkan satu bungkus oreo dengan susu UHT ke dalam blender

Lalu, adonan oreo dengan susu tadi dikukus hingga matang


Kemudian sisa dari susu UHT dibuat menjadi vla dengan campuran gula, maizena dan air

Selanjutnya, adonan oreo yang sudah matang disiram dengan vla dan beri parutan keju di bagian atas atau es krim sebagai topping.


2. Cloud Bread atau Roti Awan 3 Bahan


Resep Viral ala TikTok: Cloud bread yang cocok dikonsumsi pelaku diet keto, paleo, maupun diet rendah karbo.

Pamor roti awan yang membuat banyak orang me-recook nya ini, memiliki tekstur yang sangat ringan seperti kapas. Bahkan cenderung tidak seperti roti pada umumnya.


Selain itu, cita rasa cloud bread 3 bahan memang tidak terlalu manis. Sehingga sangat bisa ditambahkan bahan lain seperti kental manis atau keju, supaya lebih menghasilkan aneka rasa.


Menariknya, keberadaan cloud bread ternyata bukan suatu hal baru. Beberapa pelaku diet karbo sudah lebih dulu menikmatinya karena roti awan ini tidak mengandung karbohidrat.


Bahan Utama:

3 putih telur

1 sendok makan tepung maizena

3 sendok makan gula pasir


Bahan Tambahan:

Vanili cair secukupnya

Pewarna makanan secukupnya


Cara Membuat:

Mixer putih telur dengan gula sedikit demi sedikit sampai menjadi kaku, dengan kecepatan mixer bertahap yaitu dari rendah, sedang lalu tinggi


Setelahnya campurkan maizena dan vanili cair atau bubuk untuk mengurangi bau amis telur, mixer kembali dengan kecepatan sedang sebentar saja


Bila sudah tercampur merata, pisahkan adonan dan bagi dua. Satu untuk diberi pewarna makanan dan satunya tanpa warna

Siapkan loyang dengan alas kertas roti supaya tidak lengket, kemudian panggang adonan kurang lebih 10 menit dengan suhu 150 derajat

Jika tidak ada oven, bisa menggunakan teflon beri sedikit margarin dan panggang dengan api kecil sekitar 25-20 menit sambil ditutup.

Ketika sudah matang, angkat roti, lalu tiriskan dan sajikan.



3. Es Yakult Jelly

Selain kudapan manis, resep ala TikTok berikutnya yaitu olahan minuman segar yang cocok dinikmati saat cuaca lagi panas, yaitu es yakult jelly.


Minuman es yakult jelly memang sedikit berbeda dari minuman lainnya karena menghasilkan rasa manis bercampur asam dari perpaduan yakult dan soda.


Bagi beberapa orang yang suka dengan rasa minuman asam, es yakult jelly ini sangat bisa dinikmati. Apalagi setelah ditambah es batu, akan memberi sensasi segar.


Sementara, bagi orang yang kurang suka dengan rasa asam namun tetap penasaran mencobanya, tidak perlu menambahkan soda ke dalam es yakult agar asamnya tidak terlalu tajam.


Bahan Utama:

1 Botol yakult

1 Botol sprite

6 pcs jelly kemasan (bisa disesuaikan)

Es batu secukupnya

Cara Membuat:

Siapkan gelas saji lalu masukan jelly terlebih dulu, kemudian es batu dan sprite dan terakhir tambahkan yakult

Kemudian aduk merata dan es yakult jelly segar siap diminum.


4. Dalgona Coffee


Resep Viral ala TikTok: Dalgona Coffee

Popularitas kopi krim alias kopi dalgona ini meningkat selama masa pandemi corona. Nama kopi dalgona berasal dari tekstur kopi yang lembut seperti busa atau foam.


Kopi dalgona hanya dapat dibuat dengan menggunakan kopi instan, tidak bisa menggunakan kopi bubuk. Sebab kopi bubuk tidak dapat menghasilkan busa padat.


Bahan Utama:

250 ml susu full cream

2 Sendok makan gula

2 Sendok makan air hangat

2 Sachet kecil kopi Nescafe original

Es batu secukupnya

Bahan Tambahan:

Saringan

Piring atau mangkuk

Gelas

Hand mixer


Cara Membuat:

Tuang kopi, gula dan air hangat ke dalam piring atau mangkuk

Aduk menggunakan saringan atau pakai hand mixer sampai teksturnya kental kaku dan berubah warna

Lalu siapkan gelas saji berisi es batu dan susu full cream, kemudian tuang campuran kopi, gula, air yang sudah kental ke atas susu. Dalgona coffee siap diminum.


5. Telur Dadar Crispy

Telur dadar krispi adalah variasi dari lauk telur dadar yang 'naik kelas'. Adonan tepung yang membaluri telur dadar, menghasilkan cita rasa garing dan gurih pada bagian luar bak ayam krispi.


Ini cocok jadi alternatif lauk untuk bekal sekolah anak karena membuatnya relatif cepat dan sederhana. 


Bahan Utama:

2 Butir telur ayam

Cabai rawit iris secukupnya

1 Sendok makan tepung terigu

¼ Sendok teh garam

¼ Sendok teh merica bubuk

Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat:

Pertama tuangkan telur ke wadah, kemudian kocok lepas sampai sedikit berbuih

Selanjutnya tambahkan irisan cabai, garam dan merica

Siapkan wajan berisi minyak goreng agak banyak dan tunggu sampai panas, lalu goreng telur dengan api sedang sampai berubah warna agak kecoklatan

Kalau sudah matang, tiriskan terlebih dulu sampai minyaknya surut

Setelah itu, telur dadar crispy versi resep ala TikTok siap disajikan.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar