Breaking

Jumat, 04 Desember 2020

Tips Makanan untuk Baik Bagi Penderita Pradiabetes

Baca Juga

Makanan Sehat


Jakarta, Kupasonline --Agar tidak berkembang menjadi diabetes, orang dengan pradiabetes harus cermat memilih makanan. Berikut tips memilih makanan untuk pradiabetes. Agar tidak berkembang menjadi diabetes, orang dengan pradiabetes harus cermat memilih makanan. 


Namun, tak semua orang dengan pradiabetes pasti akan mengidap diabetes tipe-2. Kunci untuk mencegahnya terletak pada intervensi dini. Diet dan pola makan yang tepat sangat penting bagi orang dengan pradiabetes.



Banyak orang mengira karbohidrat sebagai biang keladi penyebab pradiabetes. Padahal, jumlah dan jenis karbohidrat-lah yang memengaruhi gula darah. Pola makan tinggi konsumsi karbohidrat olahan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.


Mengutip laman Cleveland Clinic, ahli diet, Julia Zumpano mengatakan, perubahan gaya hidup, khususnya pola makan, dapat mencegah timbulnya diabetes tipe-2 pada orang dengan pradiabetes.


"Mulai-lah memilih roti dan pasta dari gandum utuh dan nasi merah. Fokus pada bahan 'utuh' dengan tiga gram serat per porsi makan," ujar Zumpano.


Anda juga disarankan untuk mengonsumsi banyak biji-bijian sebagai pengganti nasi putih, seperti:


- biji gandum


- soba


- ubi


"Batasi asupan karbohidrat menjadi 1 cup (atau dua potong roti) per makan," ujar Zumpano.


Selain memperhatikan asupan karbohidrat, protein juga penting dalam mencegah diabetes. Protein dapat memperlambat laju karbohidrat memasuki aliran darah dan menjaga glukosa tetap stabil.


Berikut saran sumber protein yang bisa Anda makan:


- telur


- daging tanpa lemak


- ikan


- kacang-kacangan


- tahu


- biji-bijian


Jika Anda memiliki penyakit kardiovaskular, batasi asupan daging merah. Sebagai gantinya, pilih daging ayam tanpa kulit.


"Konsumsi sayuran, terutama sayuran tak bertepung," kata Zumpano. Serat dalam sayuran dan kacang-kacangan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.


Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah. Buah merupakan sumber gula alami yang bisa dinikmati dalam jumlah sedang.


Zumpano menyarankan agar memilih buah rendah gula seperti beri dan kiwi. Untuk memperlambat laju glukosa yang memasuki aliran darah, pasangkan buah dengan sumber protein seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.


Memilih makanan yang tepat dapat membantu orang dengan pradiabetes terhindar dari diabetes tipe-2(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar