Breaking

Kamis, 28 April 2022

Pernah Alami Masa Emas, Begini 'Lakek Tangan' Irwan Basir Saat Pimpin KNPI Kota Padang

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Kota Padang, pernah mengalami masa emas, dibawah kepemimpinan Irwan Basir, SH, MH, Datuk Rajo Alam. Berbagai kegiatan dilakukan, beragam program dijalankan. Bermitra dengan dengan pemerintah daerah dan ikut mencari solusi saat ada masalah. Peranan KNPI sangat terasa saat itu.

Lakek tangan, Ketua LPM Kota Padang ini, sangat terasa. Kisaran tahun 2005 - 2008,  KNPI Kota Padang, membuat gebrakan dan menuai pujian banyak pihak. Napak Tilas, dilakukan menyentuh jiwa kawula muda. Menyusuri jejak Pahlawan membuat gebyar Napak Tilas berkibar di Kota Padang. Sekarang, napak tilas, hilang begitu saja. Tak pernah lagi diperlombakan

Hampir semua Kelurahan se Kota Padang, mengikuti kegiatan napas tilas itu. Ormas, perguruan tinggi dan pelajar ikut serta meramaikan.  Menyusuri dinginnya malam, melintasi panasnya terik di siang hari, tak terlihat raut keletihan. Semangat pejuang sangat tertanam pada peserta  napas tilas itu.

KNPI Kota Padang, juga punya andil mengatasi persoalan antara Pemerintah Kota Padang dan warga. Seperti persoalan Gapura di Pondok, sempat memanas. Namun, KNPI dapat mendinginkan suasana dan ikut menyelesaikan kisruh yang terjadi. Memang masa kepemimpinan Irwan Basir, KNPI Kota Padang, berada pada puncak kejayaannya.

Suksesnya Irwan Basir, menakhodai KNPI Kota Padang, bukan karena instan dan karbitan. Ia melalui proses yang panjang dan merangkak dari bawah. Beranjak menjadi Ketua KNPI Kelurahan. Iapun dipercaya Ketua KNPI Kecamatan Kuranji. Dari Kecamatan inilah Irwan Basir membenahi KNPI dan memenej dengan baik KNPI kelurahan.

Selanjutnya, ia dipercaya menjadi Ketua KNPI Kota Padang. Koordinasi yang baik dan kolaborasi dengan pemerintah daerah pun dilakukan. Bahkan, KNPI mendukung program pemerintah. Juga melakukan kritikan, jika dianggap pemerintah daerah melakukan kekeliruan. Alhasil,  KNPI Kota Padang dapat menjalankan program untuk berbuat di Kota Padang.

Rasa kepedulian Irwan Basir terhadap persoalan yang terjadi ditengah masyarakat sudah tertanam semenjak ia aktif di KNPI. Sampai sekarang, Irwan Basir masih menunjukkan kepedulian kepada warga. Baik sebagai Ketua LPM Kota Padang, tokoh masyarakat maupun sebagai ninikmamak.

Tak tersebutkan lagi kepedulian Irwan Basir terhadap warga yang ditimpa musibah maupun warga yang butuh uluran tangannya. Bahkan, makin terbukti saat negeri ini diterpa Covid 19. Ketika warga dirumahkan, Irwan Basir menyalurkan puluhan ton beras dan ratusan juta uang. Pantas saja, Malaikat Turun ke Bumi disematkan padanya. Karena, ikhlas meluangkan waktu, tenaga, pikiran, harta demi warga. (Novri Investigasi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar