Breaking

Selasa, 16 Juli 2019

Wartawan Pekerjaan Seksi, Perlu "Personality Development"

Baca Juga

PADANG – "Personality development" atau pengembangan kepribadian sangat diperlukan oleh masing-masing individu yang menggeluti profesi wartawan. Performa seorang wartawan sangat identik dengan tampilan luar, skill dan integritasnya sebagai jurnalis. 

Demikian ditekankan Sunarto, Biro Psikologi Marsha Puntadewa, Medan, ketika menyambangi Bagian Humas Setda Kota Padang, Senin (15/7/2019). 

Menurutnya, wartawan itu pekerjaan seksi, karena dia dekat dengan berbagai kalangan, mulai dari masyarakat biasa hingga pengambil kebijakan. Meskipun demikian, ia tidak boleh mengabaikan unsur performa yang berkaitan dengan tampilan luar, skill dan integritas. Sebab itu, diperlukan "personality development".

"Wartawan bukan orang sembarangan. Mereka memiliki instink yang tajam dalam melihat berbagai fenomena sosial yang kemudian dituangkan dalam berbagai karya jurnalistik. Lalu, karena ulah segelintir di antaranya, membuat profesi ini dipandang negatif. Disinilah kita perlu memberikan motivasi dan membangun karakter para jurnalis tersebut agar brand image-nya positif di mata masyarakat," urai Sunarto. 

Sunarto yang juga merupakan Wakil Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Sumatera Utara beserta tim mengunjungi Pemko Padang untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dalam bidang pengembangan kompetensi psikologis SDM Pemko Padang dan stakeholdernya, termasuk pers yang menjadi mitra sejati pemerintah.

“Seperti rekan kami ini, beliau aktif menyuarakan berbagai isu penting di tengah masyarakat, salah satunya isu pelestarian lingkungan dengan mengurangi dan mendaur ulang  sampah plastik”, ujar Sunarto sembari memperkenalkan Mardinal, seorang jurnalis dari Sarolangun Jambi yang sering menyertai perjalanan Sunarto dan partner kerjanya Marlinda.

Senada dengan Sunarto, Mardinal mengatakan bahwa ia memang sedang aktif menggerakkan Komunitas Daur Ulang Sarolangun yang anggotanya selalu mendapatkan motivasi dari Sunarto beserta tim. 

“Dengan motivasi dari tim Marsha Puntadewa, anggota komunitas kami semakin semangat untuk mengolah sampah plastik dan kertas menjadi barang-barang bermanfaat”, ujar Mardinal sambil menunjukkan tas belanja dan tempat tisu daur ulang yang dibawanya.

Sementara itu Kasubag Publikasi Pemko Padang Tafrizal, mengapresiasi maksud kedatangan Sunarto beserta tim.

“Untuk segala upaya dalam meningkatkan kualitas hidup wartawan sangat kami apresiasi. Tentu ini erat kaitannya dengan kompetensi dan juga personality yang mereka miliki agar senantiasa mendapatkan tempat di hati masyarakat", tutur praktisi humas yang terkenal humanis dan intens menyelami pahit manis kehidupan wartawan, terutama di wilayah kerjanya.

(rel/ede)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar