Breaking

Rabu, 28 Agustus 2019

Periode 2019-2024, Wajah Baru Dominasi DPRD Sumbar

Baca Juga


PADANG, BijakNews.com -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat periode 2019 – 2024 didominasi wajah baru. Dari 65 orang anggota terpilih hasil pemilihan umum (pemilu) 2019, hanya tersisa 19 orang wajah lama.

Peresmian dan pengucapan sumpah anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019-2024 berlangsung Rabu (28/8/2019) di ruang sidang utama DPRD. Pengucapan sumpah dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Husni Rizal.

65 orang anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019 – 2024 berasal dari sembilan partai politik dengan delapan daerah pemilihan. Pemilik kursi terbanyak periode ini adalah Partai Gerindra yang meraih 14 kursi. Disusul oleh PKS, PAN dan Demokrat yang masing-masing mendapat 10 kursi. Empat parpol tersebut dipastikan memegang posisi pimpinan untuk periode ini.

Berikutnya, Partai Golkar mendapatkan 8 kursi legislatif sementara PPP mendapatkan 4 kursi. Selanjutnya, PKB, PDIP dan Nasdem masing-masing mendapatkan 3 kursi. Parpol peserta pemilu yang tidak mendapatkan kursi di DPRD Sumbar adalah Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Hanura, PBB dan PKPI.

19 orang wajah lama yang masih bertahan adalah enam orang dari Dapil I yaitu Hidayat (Gerindra), Rahmat Saleh (PKS), Indra Dt Rajo Lelo (PAN), Suwirpen Suib (Demokrat) dan Afrizal (Golkar) serta Albert Hendra Lukman (PDIP). Empat orang lainnya adalah wajah baru yaitu Desrio Putra dan Evi Yandri (Gerindra), Gustami Hidayat (PKS) dan Maigus Nasir (PAN).

Wajah lama di Dapil II ada Sitti Izzati Aziz (Golkar) dan H. M. Nurnas (Demokrat). Lima orang lainnya adalah wajah baru yaitu Firdaus (PKB), Tri Suryadi dan Jempol (Gerindra), Muhammad Ridwan (PKS) serta Muhammad Ikhbal (PAN).

Sedangkan di Dapil III, Empat orang merupakan wajah lama yaitu Ismunandi Sofyan (Gerindra), Rafdinal (PKS), H. M. Syafril Huda (PPP) dan Nofrizon (Demokrat). Wajah baru di Dapil Agam dan Bukittinggi ini adalah Lazuardi Erman (Golkar), Rinaldi (PKS), Andri Warman (PAN) dan Ismet Amziz (Demokrat).

Dapil IV (Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat) hanya menyisakan dua orang wajah lama yaitu Muzli M Nur (PAN) dan Sabar AS (Demokrat). Tujuh orang lainnya adalah wajah baru yaitu Donizar (PKB), Khairuddin Simanjuntak (Gerindra), Syamsul Bahri (PDIP), Benny Utama (Golkar), M. Ihpan (PKS) dan Sawal (PPP).

Sedangkan Dapil V, wajah lama yang masih bertahan adalah Supardi (Gerindra), Irsyad Syafar (PKS) dan Darman Sahladi (Demokrat). Tiga orang lainnya adalah wajah baru yaitu Nurkhalis Dt Bijo Dirajo (Gerindra), Safaruddin Dt Bandaro Rajo (Golkar), dan Doddy Delvy (PAN).

Selanjutnya di Dapil VI, hanya dua orang yang merupakan wajah lama sedangkan 9 lainnya adalah wajah baru. Dua orang itu adalah Hendra Irwan Rahim (Golkar) dan Arkadius Dt Intan Bano (Demokrat). Sisanya merupakan wajah baru yaitu Mesra dan Syafruddin Putra Dt Sungguno (Gerindra), Leli Arni (PDIP), Taufik Syahrial (Nasdem), Budiman Dt Malano (PKS), Syahrul Furqan dan Yosrizal (PAN) serta Jefri Masrul (Demokrat).

Kemudian di Dapil VII hanya Ahmad Rius (PAN) dan Irwan Afriadi (Nasdem yang merupakan anggota DPRD Periode lalu yang terpilih kembali. Sisanya lima orang merupakan wajah baru yaitu Mario Syah Johan (Gerindra), Khairunnas (Golkar), Nurfirmanwansyah (PKS), Daswippetra (PPP) dan Irzal Ilyas Lawik Basa (Demokrat).

Terakhir di Dapil VIII yang meliputi Kabupaten Pesisir Selatan, tak satupun menyisakan wajah lama. Tujuh kursi di Dapil ini seluruhnya diduduki oleh wajah baru. Mereka adalah Muclis Yusuf Abit (Gerindra), Zarfi Deson (Golkar), Bakri Bakar (Nasdem), Hamdanus (PKS), Imral Adenansi (PPP), Muhayatul (PAN) dan Ali Tanjung (Demokrat).

Pada pemilu 2019 lalu, beberapa orang anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2014 – 2019 ada yang mencalonkan diri ke DPR RI, DPD RI bahkan ke DPRD Kabupaten. Diantaranya Guspardi Gaus yang mencalonkan diri dan terpilih sebagai anggota DPR RI dari Dapil Sumatera Barat II. Kemudian Muslim M Yatim yang mencalonkan diri dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan Sumatera Barat.

Anggota DPRD Sumbar lainnya, Saidal Masfiuddin, Syukriadi Syukur dan Syafril Ilyas maju ke DPR RI namun belum berhasil melenggang ke Senayan. Satu orang anggota DPRD Provinsi maju dan terpilih untuk DPRD Kabupaten Solok Selatan yaitu Zigo Rolanda.

Ketua DPRD Sumbar periode 2014-2019, Hendra Irwan Rahim memberikan sambutan pembuka rapat paripurna menyampaikan harapan bahwa pengabdian tidak hanya di lembaga DPRD. Anggota DPRD periode 2014-2019 yang tidak lagi melanjutkan pengabdian di lembaga DPRD, masih dapat memberikan pengabdian terbaiknya kepada daerah dan masyarakat.

Kepada anggota DPRD yang terpilih kembali, baik melanjutkan pengabdian sebagai anggota DPRD provinsi, DPR dan DPD RI atau DPRD Kabupaten, Hendra berharap agar selalu memegang amanah rakyat. Masa pengabdian lima tahun ke depan hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk berbuat yang terbaik dalam rangka memperjuangkan kepentingan masyarakat dan daerah. (fdc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar