Breaking

Selasa, 18 Februari 2020

Bakal Jadi Tempat Pembukaan MTQN Nasional, Area Timur Stadion Utama Sumbar Belum Dikerjakan

Baca Juga

Penampakan fisik Stadion Utama Sumbar pada awal Januari 2020 lalu.
f:dok.detik.com
PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus mengkebut penyelesaian pembangunan Stadion Utama Sumatera Barat di Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman. Stadion itu nantinya akan digunakan sebagai tempat pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2020, Agustus mendatang.

Saat ini pengerjaan berlangsung di tribun utama yang berada di sebelah barat. Tribun barat nantinya juga punya atap. Pengerjaan juga sedang berlangsung dengan tribun utara dan selatan.

Tribun tersebut sudah selesai disemen, tinggal memasang kursi penonton. Kursi yang dipasang berwarna merah dan biru yang nantinya memiliki pola atap rumah gadang bagonjong jika dilihat dari atas.

Sementara untuk area tribun timur masih belum dikerjakan. Di sana pembangunan baru sampai memasang tiang pancang. Tribun timur akan dikerjakan pada pembangunan tahap selanjutnya.

Sementara untuk pembangunan lapangan, pengerjaan masih melakukan penimbunan dengan pasir. Pengerjaan penanaman rumput akan dilakukan usai MTQ Nasional.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat kunjungan ke stadion itu, mengatakan, pembangunan sudah memiliki kemajuan fisik. Tribun barat, selatan dan utara akan selesai pada April mendatang. Progresnya mencapai 86 persen jika nanti selesai di bulan April.

“Tribun ini akan selesai di bulan April, tinggal tribun timur yang nanti dikerjakan Agustus,” katanya, Senin (17/2/2020).

Sementara untuk lapangan bola belum bisa dipakai. Apalagi menurutnya, jika dipasang rumput, maka ia bisa rusak nantinya saat pembukaan MTQ karena adanya tarian massal.

“Begitu selesai MTQ baru bisa dikerjakan lapangan, nanti bisa tempat main bola, nanti bisa juga kita buat kompetisi di sini,” katanya.

Wagub mengatakan, stadion itu memiliki daya tampung sekitar 50 ribu orang. Menurutnya hingga nanti pembukaan MTQ stadion sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp420 miliar.

Sementara untuk jalan menuju stadion dari jalan lintas, Pemprov Sumbar juga sedang menyelesaikan proses tender. Diharapkan bisa selesai akhir Februari sehingga bisa ditandatangani kontrak untuk segera melakukan pengerjaan.

Nantinya, stadion akan dikelola lewat Dinas Pemuda Olahraga Sumbar. Jika memungkinkan nanti juga bisa ditunjuk swasta sebagai pengelolanya. 

(rel/ede)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar