Breaking

Minggu, 12 April 2020

Terjadi Lonjakan Tajam, Positif Covid-19 di Sumbar Menjadi 44 Orang

Baca Juga

Foto: Ilustrasi. Terjadi Lonjakan Tajam, Positif Covid-19 di Sumbar Menjadi 44 Orang.

BIJAKNEWS.COM -- Terjadi lonjakan tajam pasien positif Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat. Jika kemaren ada 32 orang dinyatakan positif, namun hingga Ahad sore, 12 April 2020 sudah bertambah menjadi 44 orang.

"Pada hari ini terjadi lonjakan tambahan positif Covid-19 sebanyak 12 orang di Sumbar. Yang terbanyak itu tambahan dari Kota Padang sebanyak 10 orang, Mentawai 1 orang dan Pasaman 1 orang," ungkap Jasman Rizal, Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melalui keterangan tertulisnya, Ahad, 12 April 2020.

Dikatakannya, dari Kota Padang ada satu keluarga yang positif 5  orang, tetapi masih dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), sehingga mereka hanya diisolasi mandiri di rumah yang diawasi secara ketat oleh tim kesehatan.

"Keluarga ini terpapar karena kontak dengan anggota keluarganya yang sebelumnya telah dinyatakan positif. Salah seorang dari mereka juga berusaha dan berjualan di Pasar Raya Padang dan sekarang tim kesehatan telah mentracing sejarah kontak mereka di pasar raya tersebut. Sementara 5 orang lagi adalah pasien PDP yang telah dirawat di M Jamil," kata Jasman.

Pasien positif lain, jelas Jasman, 1 orang dari Mentawai, mahasiswi di Jakarta. Yang bersangkutan dirawat di RSUD Kepulauan Mentawai dan diawasi ketat oleh tim kesehatan.

Sedangkan satu orang lagi dari Pasaman, laki-laki 35 tahun, merupakan menantu dari pasien pertama dari Pasaman. Sekarang isolasi mandiri. Namun karena adanya kekhawatiran warga sekitar terpapar Covid-19,  maka Pemkab Pasaman berupaya mencari tempat karantina terdekat dari Pasaman. 

"Tadi kami telah menawarkan kepada Pemkab Pasaman melalui Sekdanya berbagai lokasi karantina provinsi dan kalau memang diperlukan agar segera berkoordinasi dengan pihak terkait di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prov Sumbar," ungkap Jasman.

Secara keseluruhan, terang Jasman, yang telah dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 44 orang dengan rincian 15 orang dirawat di rumah sakit rujukan, 19 orang isolasi mandiri, 7 orang dinyatakan sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.

"Hari  ini kita juga patut bersyukur kepada Allah SWT,  bahwa telah ada tambahan pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh oleh tim kesehatan RS M Jamil, yaitu pasien dari Pesisir Selatan. Artinya, telah dua orang pasien dari Pessel dinyatakan sembuh. Total yang telah sembuh menjadi 7 orang," cakapnya.

Dari laporan berbagai rumah sakit rujukan yang merawat pasien positif Covid-19, ungkap Jasman lagi, secara umum dinyatakan berangsur pulih dan membaik.

Menurutnya, pasien Positif Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu RS Rujukan sebanyak 18 orang, dan telah dinyatakan sembuh atau negatif sebanyak 3 orang oleh tim kesehatan. 

Artinya, ujar Jasman, masih ada 15 orang lagi yang isolasi mandiri di rumah dan berdasarkan laporan tim kesehatan yang tiap hari memantau mereka, kondisi 15 orang tersebut stabil. Jika nanti hasil test swab mereka telah dinyatakan negatif, maka mereka akan dinyatakan sembuh.

"Untuk itu, mari sama-sama berdoa, semoga saudara kita yang lagi dirawat tersebut disembuhkan oleh Allah SWT," ajaknya.

Berikut rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya diambil dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Minggu 12 April 2020, pukul 13.00 WIB:

Total *Orang Dalam Pemantauan (ODP)* sebanyak 5.118 orang.

Proses pemantauan 1.012 orang.
Selesai Pemantauab 4.106 orang.

Pasien Dalam Pengawasan *(PDP)* sebanyak 151 orang.

Dari 151 PDP tersebut, 27 orang masih dirawat diberbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab, Negatif covid-19 sebanyak 98 orang dan
Isolasi diri di rumah 26 orang.

_*Rincian Pasien positif Covid-19 berdasarkan Rumah Sakit*_

*RS. M Jamil Padang*

Dirawat 8 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 2 orang
Meninggal dunia 2 orang
Total 12 orang

*RS Ahmad Mochtar Bikittinggi*

Dirawat 3 orang
Isolasi dirumah 3 orang
Sembuh 2 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 8 orang

*RS Semen Padang Hospital*

Dirawat 1 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 1 orang
Total 2 orang

*RSUD Pariaman*

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 1 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 1 orang

*RSUD M Zein Painan*

Dirawat 1 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 1 orang

*RS Bhayangkara*

Dirawat 1 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 1 orang

*RSUD Kep Mentawai*

Dirawat 1 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 1 orang

(by/hms-sumbar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar