Breaking

Selasa, 14 Juli 2020

Mahyeldi Presentasikan Inovasi "Ayo Ceting" Optimis Masuk Top 45 Nasional KIPP 2020

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- Sebagai salah satu inovasi unggulan yang masuk dalam Top 99 Nasional Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Lingkungan Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD Tahun 2020, program Ayo Ceting (Cegah Stunting) yang digagas Puskesmas Andalas, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang secara resmi dipresentasikan di hadapan tim penilai.

Inovasi yang merupakan pogram berbasis aplikasi Android tersebut dipresentasikan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah lewat daring dari ruangan Padang  Command Center (PCC) Balai Kota Padang, Selasa (14/7/2020).

Hadir dikesempatan itu langsung sang penggagas inovasi Ayo Ceting, dr Ulfia Izzati. Kemudian juga terlihat Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi serta beberapa kepala OPD di lingkup Pemko Padang diantaranya Kepala DKK Feri Mulyani, Kadiskominfo Rudy Rinaldi, Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kabag Organisasi Raju Minropa, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis dan lainnya.

Wali Kota Mahyeldi menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang tentu bersyukur dan menyambut baik inovasi Ayo Ceting telah masuk dalam Top 99 Nasional KIPP 2020. 

"Menuju Top 45, maka kali ini kita presentasikan di depan tim penilai. Semoga inovasi Ayo Ceting ini masuk ke Top 45 nantinya," harap wako.

Seperti diketahui, Wali Kota Mahyeldi terlihat menyampaikan presentasi secara detail tentang apa itu inovasi Ayo Ceting serta bagaimana tujuan dan manfaatnya di hadapan tim penilai dari KemenPAN-RB dan dari tim independen yang berkompeten di bidang masing-masing.

Selanjutnya Mahyeldi juga mengatakan, pihaknya pun optimis dan berharap Kota Padang dapat masuk dalam Top 45 KIPP 2020. 

"Yang jelas dan terpenting lagi bagi kita adalah, bagaimana inovasi ini direplikasi semua Puskesmas yang ada di Kota Padang. Tentu kita berharap juga direplikaai di dalam Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bahkan di daerah lainnya secara nasional," imbuhnya.

Lebih lanjut wako menyebutkan, untuk keluarnya hasil Top 45 Nasional KIPP 2020 diperkirakan pada September atau Oktober 2020. 

Terkait inovasi yang dipresentasikan jelasnya, sesuai informasi dari tim penilai menyebutkan bahwa terdapat 3 jenis inovasi yang sama dari pemerintah daerah. 

"Sehingga ini menjadi tantangan yang berat bagi Kota Padang, karena akan dipilih satu dari ketiganya. Insya Allah kita optimis Padang melalui inovasi Ayo Ceting dapat masuk Top 45 KIPP 2020. Kalau sudah masuk Top 45 kita akan menerima Dana Insentif Daerah (DID) oleh Pemerintah Pusat yang besarannya sekitar Rp8 sampai Rp11 Miliar," jelasnya bersemangat.

Lebih lanjut Mahyeldi memaparkan, dalam program Ayo Ceting ini setidaknya terdapat 3 paket kegiatan yang dihadirkan kepada masyarakat. Pertama menghadirkan grup whatsapp bagi para ibu hamil, rumah gizi dan digital education melalui aplikasi yang bisa diunduh lewat playstore Ayo Ceting.

"Program Ayo Ceting patut kita apresiasi sebagai inovasi yang mudah diakses dan bisa digunakan oleh masyarakat kapan saja dan dimanapun berada. Tujuan utamanya adalah pencegahan stunting (gangguan pertumbuhan pada anak) agar dapat lebih dimaksimalkan," tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani menyebutkan, inovasi Ayo Ceting sangat tepat dipakai di masa pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini. Khususnya untuk memantau tumbuh kembang bayi, balita dan juga ibu hamil.

"Melalui Ayo Ceting semuanya menjadi tidak harus tatap muka, karena sudah ada 3 program di aplikasi tersebut. Saya rasa inovasi Ayo Ceting sangat membantu," tuturnya.

Kepala Puskesmas Andalas, Mela Aryati juga mengungkapkan, inovasi ini juga sangat dirasakan manfaatnya saat pandemi Covid-19. Karena dengan itu bisa mengurangi interaksi langsung antara pasien dan tenaga medis. 

"Cukup unduh di Playstore, maka semua informasi yang dibutuhkan bagi ibu menyusui ada di dalamnya. Mulai dari panduan menu makanan sehat, pola hidup sehat dan lainnya. Selain itu kita juga dapat berinteraksi langsung dengan dokter yang siap menjawab keluhan dan pertanyaaan. Karena aplikasi ini terhubung langsung dengan nomor WhatsApp dokter yang kita siapkan,” terangnya.(vid/tf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar