Breaking

Rabu, 15 Juli 2020

Matahari Diatas Ka'bah, Kemenag Ajak Perbaiki Arah Kiblat

Baca Juga

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri
BIJAKNEWS.COM -- Pada hari Rabu (15/7) mendatang matahari akan tepat berada di atas langit Kabah, sehingga menjadi waktu terbaik untuk dapat meluruskan arah kiblat untuk salat. Di Sumbar, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) mengatakan pukul 16.27 WIB menjadi waktu yang tepat untuk menentukan arah kiblat bagi musala dan masjid yang berada di Sumbar.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri menyebutkan berdasarkan data asronomis pada Rabu (15/7) pukul 12.27 Waktu Arab Saudi matahari berada tepat di atas kabah, sehingga bayang-bayang semua benda yang berdiri tegak mendapatkan sinar matahari dan arah dari bayang-bayang benda tersebut, jika diluruskan akan sampai ke arah kabah (kiblat).

“Peristiwa seperti ini, hanya terjadi dua kali dalam setahun, pertama pada tanggal 28 Mei dan 16 Juli. Sebab, sekarang tahun kabisat, maka fenomena tersebut terjadi pada tanggal 27 Mei dan 15 Juli. Di Indonesia, fenomena tersebut akan terjadi pada 15 Juli mendatang pada 16.27 WIB,” kata H.Hendri , Senin (13/7).

Berkaitan dengan itu, maka Kanwil Kemenag Sumbar mengimbau agar umat muslim di Sumbar untuk memanfaatkan momentum tersebut untuk mengetahui akurasi terbaru dari arah kiblat dengan menyesuaikan jam dengan jam yang terdapat di RRI, TVRI dan Telkom.

“Setelah itu, pada jam yang telah disebutkan di atas, dirikan sebuah benda yang tegak lurus pada bidang yang datar. Kemudian, garisi bayang-bayang yang dihasilkan oleh benda tersebut dengan spidol atau yang lainnya. Garis lurus dari bayangan itu merupakan arah akurasi kiblat terbaru untuk wilayah Sumbar,” katanya menutup.(Q-06).

Humas Kemenag Sumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar