Breaking

Selasa, 17 November 2020

Pemprov Sumbar Prioritaskan Mitigasi Bencana dalam Penganggaran dan Program

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Provinsi Sumbar termasuk salah satu daerah yang rawan bencana. Bahkan daerah ini dianggap sebagai daerah supermarket bencana seperti, letusan gunung api, gempa, tsunami, longsor, banjir, banjir bandang, putting beliung dan lainnya.

Mitigasi bencana merupakan salah satu program prioritas pembangunan Pemprov Sumbar di bawah kepemimpinan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.

“Karena kondisi Sumbar yang rawan bencana  ini, maka menjadi suatu keharusan bagi Pemprov Sumbar memiliki mitigasi bencana,” ungkap Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno baru-baru ini.

Sosialisasi tentang mitigasi bencana, khususnya gempa dan tsunami untuk daerah pesisir harus terus dilakukan. Sejumlah pakar gempa dan tsunami melalui penelitiannya menyebutkan, gempa besar dan tsunami masih mengancam Provinsi Sumbar yang berada di pusat megathrust di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Di mana mengathrust tersebut masih menyimpan energi gempa mencapai 8,8 SR. “Hingga kini kita masih menjadikan mitigasi bencana sebagai prioritas dalam menyusun anggaran  program. Karena potensi bencana kita sangat tinggi,”tandas Gubernur. (Hms Sumbar/tin)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar