Breaking

Kamis, 03 Desember 2020

LAPAN Sukses Luncurkan Roket RX450-5 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, Garut

Baca Juga




BIJAKNEWS.COM -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sukses meluncurkan roket RX450-5 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, Garut, Jawa Barat, Rabu pagi 2 Desember 2020. Peluncuran roket eksperimen seri RX450 yang kelima itu disaksikan dalam jaringan oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro.

Usai peluncuran, menristek menyampaikan penghargaannya terhadap LAPAN karena terus berupaya memperkuat teknologi roket dalam negeri. Visi besar Indonesia dalam teknologi ini, dia mengingatkan, kemampuan meluncurkan satelit dengan roket sendiri.

"Kami berupaya untuk menjalin kerja sama penelitian dengan negara lain, termasuk transfer teknologi roket karena teknologi ini sangat dibutuhkan Indonesia," kata Menristek Bambang Brodjonegoro dalam siaran tertulis yang dibagikan LAPAN hari ini.

Ikut menyaksikan dalam jaringan adalah Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin. Sedang hadir di lokasi peluncuran, di antaranya, adalah Deputi Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, Rika Andiarti, dan Kepala Pusat Teknologi Roket LAPAN, Lilis Mariani.

Roket RX450 merupakan roket eksperimen sonda (untuk penelitian atmosfer) dengan diameter 450 mm. Tapi untuk roketnya yang kelima ini diameter ditambah menjadi 460 mm.

Uji terbang RX450-5 ini dilakukan untuk mendapatkan data kinerja terbang roket sehingga nantinya dapat dilakukan optimasi produk. Data kinerja terbang yang dimaksud antara lain karakteristik pergerakan roket, jarak jangkau, serta data telemetri dari muatan roket mulai dari detik pertama peluncuran hingga roket kembali jatuh ke Bumi.

“RX450-5 ini merupakan baseline pengembangan Program Riset Nasional Roket Dua Tingkat. Ini adalah upaya kami dalam penguasaan teknologi keantariksaan,“ kata Lilis menjelaskan.

Roket yang diuji kali ini adalah roket yang kelima sejak peluncuran pertama roket seri itu pada 2015. RX450-5 merupakan baseline dari roket berdaya jangkau  lebih dari 100 kilometer yang akan menjadi awal pengembangan roket dua tingkat. Sedangkan roket dua tingkat LAPAN ditargetkan dapat meluncur pada 2025 dengan misi penelitian atmosfer pada ketinggian 200 kilometer.

Spesifikasi lain dari roket itu adalah memiliki panjang 7,16 meter, bobot total 1.718 kilogram, dengan berat propelan atau bahan bakarnya 757 kilogram. Roket pengguna propelan padat ini memiliki daya jangkau 80,9 kilometer pada sudut luncur 70 derajat dan kecepatan 3,08 Mach.(*/dvi) 

Sumber : TEMPO.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar