Breaking

Selasa, 19 Januari 2021

Lanjutkan Program MBR, Perumda AM Kota Padang Tawarkan 5.000 SR Tahun Ini

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum (AM) Kota Padang terus berupaya memenuhi kebutuhan pelanggan melalui program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang sumber anggarannya dari pemerintah pusat.Tahun ini ditargetkan 5.000 Sambungan Baru (SR).

Direktur Utama Perumda AM Kota Padang, Hendra Pebrizal menjelaskan, tahun ini ada sejumlah prioritas Perumda AM Kota Padang. Sesuai dengan bisnis plan-nya menargetkan sambungan baru 4.000 ton per tahun.

"Tahun ini kita mengambil program hibah MBR dari pemerintah pusat sebanyak 5.000 unit, dan regulernya sekitar 3.000. Jadi ada sekitar 8.000 tahun ini," kata Hendra,Senin (18/1/2021) kemaren.

Hendra menuturkan, syarat keluarga yang bisa masuk dalam program MBR ini adalah masyarakat dengan penghasilan rendah, tipe rumah tidak boleh melebihi tipe 45, kapasitas listrik tidak boleh lebih dari 1300 kwh. Kemudian menyerahkan fotocopy KTP dan KK serta materai.

"Syaratnya yang pasti tidak boleh lebih dari 1300 kwh, orang kaya tentu tidak boleh. Rumah bertingkat tidak boleh menerima program MBR, betul-betul masyarakat yang berpenghasilan rendah," ujar Hendra.

Selain itu, Hendra menyebutkan, pada tahun 2020 ada penambahan bantuan dari pemerintah pusat berupa pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) 100 liter per detik. Ini tahun lalu sudah diserah terimakan dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kota Padang. Kemudian Pemko menyerahkan pengelolaannya ke Perumda Air Minum.

"Makanya kita bisa agak banyak untuk menambah cakupan pelayanan, karena ini juga tuntutan dari pemerintah agar masyarakat Padang bisa 100 persen terlayani air bersih," ulas Hendra.

Lebih lanjut, kata Hendra, saat ini secara teknis pihaknya hanya bisa melayani masyarakat Kota Padang sekitar 92%. Lantaran Perumda Air Minum sedikit mengalami kendala ketika mendistribusikan air bersih di daerah ketinggian.

"Kita hanya bisa melayani masyarakat Padang 92 persen, apalagi di daerah ketinggian. Susah dijangkau," kata Hendra.

Apalagi, menurut Hendra, di Kota Padang banyak daerah ketinggian, sepeti Gunung Padang. Selain itu, masyarakat di kota Padang juga masih banyak menggunaka air sumur.Padahal kualitas air Perumda Air Minum bagus. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar