Breaking

Minggu, 14 Februari 2021

Himpunan Tjinta Teman Padang Gelar Donor Darah

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Komunitas Tionghoa Kota Padang, Sumatera Barat Himpunan Tjinta Teman (HTT) bekerja sama dengan PMI setempat dalam memenuhi ketersediaan darah di masa pandemi COVID-19.

Ketua Bidang Operasional HTT Padang Albert Hendra Lukman di Padang, Minggu mengatakan pelaksanaan bakti sosial donor darah juga dilaksanakan saat perayaam Imlek 2021.

Ia mengatakan perayaan imlek tahun ini mengalami pembatasan karena masih pandemi COVID-19.

Pada tahun sebelumnya perayaan Imlek selalu diselingi bazar dan kegiatan lainnya.

"Kita menaati ketentuan yang dikeluarkan pemerintah. Kita tak menggelar perayaan seperti biasa," kata dia.

Menurut dia dengan adanya pembatasan dan penyesuaian kegiatan maka dibuat aksi donor darah

Para pendonor darah akan diapresiasi dengan memberikan angpao dan sejumlah sembako sebagai ungkapan terima kasih pada pendonor yang telah peduli terhadap sesama.

"Darah ini sangat berharga bagi pasien yang membutuhkan dan kepedulian pendonor kita apresiasi dengan membagikan sembako bahkan angpao," katanya

Albert mengatakan bakti sosial berupa donor darah ini telah beberapa kali dilakukan HTT dan dibuka untuk umum, tidak hanya bagi anggota HTT saja.

"Ini terbukti dalam aksi donor darah ini, masyarakat Sumbar dari berbagai kalangan banyak ikut serta bahkan sejumlah organisasi masyarakat juga terlibat dalam aksi ini," katanya.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan PMI dan ternyata angka kebutuhan darah di Sumbar masih tinggi dan HTT ingin terlibat dalam melakukan sosialisasi agar mau menyumbangkan darahnya.

"Pengetahuan yang kita dapatkan, mendonorkan darah membuat pendonor menjadi sehat," katanya.

Kegiatan bakti sosial HTT ini dipusatkan di GPR HTT Padang digelar Minggu (14/2) dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Target kita adalah sebanyak-banyaknya mengumpulkan darah untuk ketersediaan di PMI," kata dia.

Petugas dari PMI selain menggunakan masker, juga menggunakan APD standar dan masyarakat yang mendonorkan darahnya wajib menggunakan masker, dan mencuci tangan sebelum masuk GOR HTT.

"Penerapan prokes kita lakukan dengan disiplin. Pada kesempatan itu, juga digelar pemeriksaan kesehatan gratis," katanya.

Ant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar