Breaking

Kamis, 18 Maret 2021

BPBD Sumbar Segera Lakukan Edukasi dan Simulasi Kepada Masyarakat

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Kegiatan tahun 2021, BPBD Sumbar melalui Kalaksa BPBD Sumbar Herman Rahman, SE, M.Si (18/03) mengatakan bahwa Sumbar pada saat ini adalah daerah rawan bencana. “Bencana apa saja ada di Sumbar ini, seperti, banjir, tanah longsor, dan gempa Megatrust di Mentawai,” sebut Herman.

Lebih lanjut, Kelaksa menyebutkan, bahwa sudah 10 tahun yang lalu para peneliti dan ahli gempa melakukan penelitian seperti, di Sulawesi, Selat Sunda, dan Megatrust di Mentawai. “Jadi karena kita hidup di daerah rawan bencana, kita harus tetap waspada dan siaga, namun jangan terlalu paranoid dalam menghadapi bencana agar tidak merugikan diri sendiri, yang penting kita Siaga dan Waspada,”tambah Herman lagi.

BPBD Sumbar dalam hal siaga ini, pertama melakukan kegiatan  Simulasi, Edukasi dan latihan-latihan Simulasi kepada masyarakat sehingga kita tidak gagap lagi menghadapi bencana, sebut Kelaksa.

“Kita tidak mau terulang lagi pada tahun 2009, dimana warga yang tidak siap menghadapi bencana, lari ketakukan kesana kemari sehingga menimbulkan kemacetan yang parah, dan kalau sudah macet parah kita tidak bisa kemana-mana lagi, akhir yang rugi masayarakat sendiri,” tukas Herman lagi.

Dengan adanya Edukasi, Simulasi, dan latihan-latihan yang telah diperoleh oleh masyarakat, itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya seperti memakai Shelter- shelter yang cukup banyak, agar dapat seminim mungkin adanya korban jiwa. “Jadi intinya, kita hidup dan tinggal di daerah rawan bencana, Prioritas Mitigasi Bencana,”pungkas Kalaksa(b/i)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar