Breaking

Jumat, 19 Maret 2021

Gerakan Jumat Berkah, DWP Kemenag Sumbar Bagikan 100 Nasi Bungkus

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sumbar  dibawah pimpinan Hj Bahirni Hendri menyelenggarakan kegiatan peduli social pasca melaunching Gerakan Jumat berkah yang diinisiasi DWP Kemenag RI pada Rabu, 17 Maret 2021 lalu.

“Alhamdulillah, jumat berkah bisa dilaksanakan hari ini, 19 Maret 2021 dengan membagikan 100 nasi bungkus kepada ASN  yang sudah menunaikan sholat jumat," terang Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Ny. Bahirni Hendri saat dijumpai humas disela sela membagikan nasi bungkus kepada para ASN.

Kedepan, pihaknya mengaku juga sudah mengagendakan sejumlah bantuan untuk para Office boy dan tenaga honorer.

"Minimal kami bisa menyiapkan sarapan pagi, berupa lontong sayur atau lontong pecal, jika sudah terakomodir giat jumat berkah ini di lingkungan Kanwil,  selepas itu baru diteruskan ke masyarakat umum, "sebutnya.

Sasaran donasi Jumat Berkah, katanya seperti tukang sapu jalanan, tukang parkir, buruh harian seperti tukang kupas bawang dan cabe dipasar, kemudian kembali gilirannya untuk lingkungan internal Kanwil. 

"Untuk yang ini, diprioritaskan bagi pegawai yang masih bergolongan dua berupa fasilitas alat-alat tulis ataupun sembako, termasuk juga mengunjungi rumah janda-janda tua terlantar, "lanjut Hj Bahirni Hendri.

Pihaknya mengaku sudah menyusun sejumlah program Jumat Berkah untuk satu tahun kedepan. Begitu pula, untuk tim yang akan diturunkan ke lapangan, pihaknya sudah membagi sejumlah tim untuk turun ke lapangan menggiatkan bantuan tersebut.

“Kami mengerahkan masing-masing  anggota yang tercakup dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya,” katanya.

Ny. Hj Bahirni Hendri  menyebut sedikitnya sudah ada 9 Kabupaten/kota di Sumbar, yang sudah melaunching Gerakan Jumat Berkah ini.

“Kabupaten perdana adalah Padang Pariaman, dilanjutkan 8 Kabupaten/kota hari, termasuk Kanwil, hingga hari ini tercatat 10 lembaga," katanya.

Sebut saja Kota Pariaman, Kabupaten Pessel, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Solok Selatan,  Kota Solok.

Dana untuk giat Jumat Berkah ini, tambah Bahirni Hendri melalui pengumpulan donasi dari lingkungan ASN. Ia juga mewanti wanti  agar pendulangan dana tidak mencari donatur diluar lingkungan internal Kanwil Kemenag Sumbar.

Sebagaimana disampaikan Ketua DWP kegiatan berbagi ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Jum'at. Karena menurutnya, hari Jumat merupakan hari yang penuh berkah, hari terbaik dalam sepekan.

Pihaknya memandang begitu banyak nilai manfaat berbagi kepada sesama.  Ia menyebut dengan berbagi, akan memperpanjang umur, memudahkan rezeki.

”Kita yakin satu yang kita berikan, sepuluh kali lipat tentu ada gantinya bagi kita jika dijalani dengan ikhlas,” tandasnya.

Bahirni Hendri lantas berharap program atau gerakan Jumat Berkah dapat terus berjalan dengan melibatkan banyak sasaran. Dengan demikian, jumlah masyarakat yang akan merasakan manfaatnya semakin besar.

Pada giat perdana ini terlihat juga Kakanwil Kemenag Sumbar H Hendri selaku donatur pertama pada gerakan Jum'at Berkah, Kabag TU, jajaran eselon III dan IV serta ASN yang tengah menerima sebungkus nasi gratis di Jumat Berkah dengan senyum sumringah.(vera)

Humas Kemenag Sumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar