Breaking

Kamis, 08 April 2021

MASYARAKAT PESISIR KOTA PARIAMAN DI BEKALI LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM OLEH LANTAMAL II

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Wilayah kerja Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II rentan terhadap ancaman bencana alam. Dengan keluarnya Direktif pimpinan tertinggi TNI Angkatan Laut, yaitu Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.S.E.,M.M.,tentang pelatihan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Padang, Banten dan Kupang. Tentu ini sudah merupakan kesimpulan dan kajian dari pakarnya, sehingga dipilih 3 wilayah kerja TNI AL.

Dengan mengusung Tema" Melalui Penyelenggaraan Pelatihan Penanggulan Bencana Alam, Kita Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Masyarakat Dalam Rangka Mendukung Ketahanan Wilayah Pesisir. Bertempat di Pauh Barat Kota Pariaman.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Hargianto.S.E.,M.M.,M.Si (Han) yang di wakili oleh Wadanlantamal Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi.S.E.,S.H.,M.M., dalam sambutannya, Rabu (07/04/2021) menyampaikan kepada para peserta latihan di saat pembukaan latihan menyampaikan. "Penyelanggaraan kegiatan pelatihan Penanggulangan Bencana alam di kota Pariaman TA 2021 ini merupakan bagian dari kegiatan Bhakti TNI Angkatan Laut. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana yang selanjutnya di arahkan dalam rangka mendukung ketahanan wilayah khususnya wilayah pesisir.

Hadir pada acara tersebut Wakil Walikota Pariaman Bapak Mardison Mahyudin.S.E.,M.M., Gubernur Sumbar di wakili kepada BPBD Provinsi Sumbar, Pimpinan TNI, Polri kota Pariaman, PJU Lantamal, perwakilan Lanud Sutan Syahrir Padang dan Tim dari Dispotmar Mabesal sebagai Dansatgas latihan. Peserta latihan sendiri berjumlah lebih kuran 250 peserta terdiri dari unsur TNI AD, Polri, Satpol-PP, Damkar, PMI, Tagana kota Pariaman, Pramuka, Dishub kota Pariaman dan KSB kota Pariaman.

Setelah dilaksanakan pembukaan latihan Penanggulangan Bencana panitia memberikan bingkisan sembako kepada perwakilan peserta latihan. 

Pada tempat yang berbeda tepatnya di pantai Penyu, para pejabat yang hadir pada saat pembukaan latihan ini melakukan penanaman Mangrove. Penanaman Mangrove ini juga bagian dari bentuk dari Penanggulan Bencana.  

Kegiatan ini kolaborasi dan kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD kota Pariaman.Sebelum pelaksanaan latihan para peserta dilakukan cek anti gen dan Swap, agar mengantisipasi ada peserta yang terpapar dari Covid 19 yang masih merupakan menghantui bagi kita. Pelaksanaan latihan tetap mengacu protokol Covid-19 dengan menjaga jarak dan menggunakan masker serta panitia menyiapkan hand sanitizer.

Dispen Lantamal II.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar