Breaking

Minggu, 27 Juni 2021

Hari Kedua Wisuda ke-123 UNP, Rektor Ganefri Ungkap Prestasi UNP Selama 2021

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Hari kedua Wisuda ke-123 Universitas Negeri Padang (UNP) digelar pada Minggu (27/06/2021) pagi. Adapun Sarjana baru UNP yang diwisuda hari kedua ini berasal dari  FMIPA, FIS dan FT sebanyak 454 orang, terdiri dari Program Diploma Tiga (D3) 47 orang, Program SI dan D4 Kependidikan 245 orang, Program SI Non Kependidikan 142 orang.

Wisuda  yang diselenggarakan secara luring dan daring dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid- 19 yang ketat ini diisi dengan orasi ilmiah Bupati Pasaman Haji Beny Utama, dengan tema "Model Pemerataan Pendidikan di Kabupaten Pasaman".

Pada wisuda sarjana baru Periode ke 123  Tahun 2021 yang berjumlah 1.381 orang diselenggarakan secara luring dan daring, dengan menerapkan Prokes Covid- 19 yang ketat.

Semua yang menghadiri acara wisuda Auditorium UNP ini, sudah melalui Proses Rapid Test Antigen melalui Poliklinik UNP dan menyatakan bebas Covid- 19.

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri. Ph.D., mengatakan, dalam semester pertama tahun 2021, telah banyak capaian kinerja yang dihasilkan oleh UNP.

Prestasi yang cukup membanggakan dalam perkembangan institusi, ketika lembaga pemeringkat Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis daftar peringkat lengkap universitas terbaik di Indonesia pada Tahun 2021.


Secara keseluruhan, terdapat 61 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan ini.

Hal tersebut, diungkapkan Rektor UNP Prof. Ganefri. Ph.D, ketika memberikan sambutan pada pada wisuda sarjana baru periode ke-123 tahun 2021 program doktor, magister, sarjana dan diploma di auditorium UNP Air Tawar Padang, Padang.

"Alhamdulilah UNP berada pada posisi ke-lima (5), setelah Universitas Indonesia, Universitas Islam Sunan Gunung Djati, Universitas Hasanuddin dan Universitas Gajah Mada," jelas rektor.

Terkait capaian program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), juga diraih dalam Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun Anggaran 2021, yakni terdapat 4 Program Studi (Prodi) di UNP yang berhasil lolos dan didanai oleh Ditjen Dikti.

Ke empat Prodi itu, sebut Profesor Ganefri, yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Pendidikan Ekonomi (FE) dan Pendidikan Teknik Informatika (FT).

Dari segi Akademis, sekaligus kerjasama kelembagaan, yakni 9 mahasiswa UNP lulus program Indonesian International Student Mobility Award 2021 (IISMA-2021 yang salah satu program unggulan dari delapan Program Kampus Merdeka.

Dalam program ini, mahasiswa tersebut, didanai untuk dapat menempuh pembelajaran pada PT di Luar Negeri yang menjadi mitra Kemendikbudristek RI selama satu semester sedangkan kegiatan pembelajarannya disetarakan hingga 20 Sistem Kredit Semester (SKS), imbuhnya.

Wisuda hari ketiga diselenggarakan di tempat yang sama besok pada Senin, (28/06/2021), tamatan yang akan diwisuda berjumlah 485 orang, terdiri dari FBS 165 orang, FIK 171 orang, FE 77 krang dan FPP 72 orang.

(RDz/mrm)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar