Breaking

Kamis, 24 Juni 2021

Sumbar Targetkan Peningkatan Capaian Vaksinasi

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan peningkatan capaian vaksinasi di daerah itu sebagai salah satu langkah penanggulangan COVID-19.

"Kita sudah ada kemajuan dalam capaian vaksin ini. Awalnya peringkat paling bawah sekarang sudah naik ke peringkat 32 secara nasional. Dalam beberapa minggu ke depan kita targetkan bisa masuk peringkat 25 dan terus meningkat," kata Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy usai menghadiri rapat Penanggulangan COVID-19 di Istana Gubernur, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya capaian vaksinasi di Sumbar sudah pada angka 24 persen secara umum. Namun harus diakui bahwa capaian vaksinasi bagi lansia masih rendah.

"Kita lakukan segala upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi karena ini adalah salah satu upaya paling konkret untuk mengantisipasi COVID-19," katanya.

Terkait Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di RS rujukan COVID-19 ia mengatakan di Sumbar secara umum masih cukup aman sekitar 52,6 persen.

Ia menjelaskan, ke depan Sumbar juga akan mengikuti arahan dari pusat dalam hal kebijakan penanganan COVID-19 tersebut diantaranya  PPKM mikro.

Kalau perlu kebijakan pemerintah pusat itu ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Gubernur akan lebih efektif.

Sementara itu untuk isolasi terpusat, Audy mengarahkan agar bisa dibentuk di tingkat nagari sesuai PPKM mikro. Hal itu bisa diwujudkan karena ada alokasi delapan persen dari Dana Desa yang bisa dimanfaatkan untuk penanganan COVID-19.

Rapat ini juga dihadiri oleh Tim Pembahas Majelis Pertimbangan Kelitbangan Sumbar Sub Bidang Kesehatan, Pof. Dr Musliar Kasim, Koordinator Tenaga Ahli Pakar Praktisi, Prof. Dr, dr Rizanda Machmud, M.Kes, Sub Koordinator Bidang Kesehatan, Dr. Sudarman, MA, Wakil Koordinator, Muhammad Irfan, SE, M.Si, Sekretaris serta di hadiri oleh beberapa dinas terkait lainnya.

*BIRO ADPIM SETDA PROV. SUMBAR*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar