Breaking

Senin, 02 Agustus 2021

Tim Dosen UNP Narasumber Workshop Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS di MAN Insan Cendikia Padang Pariaman

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
 Tim Dosen Universitas Negeri Padang (UNP), menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Desain Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Other Thinking Skill), yang dilangsung selama dua hari Sabtu- Minggu/ 30 Juli dan 1 Agustus 2021 di Gedung Laboratorium Komputer MAN Insan Cendikia (MAN IC) Kabupaten Padang Pariaman di Nagari Sintuk. Kegiatan yang dibuka secara luring oleh Kepala Sekolah MAN IC, Hendrisakti Hoktovianus.

Dalam workshop yang diikuti seluruh guru MAN IC Padang Pariaman ini, Tim Dosen UNP terdiri dari Drs. Ardi, M.Si menyampaikan materi tentang Strategi dan Model Pembelajaran HOTS dan Dr. Erianjoni, M.Si dengan materi Penyusunan dan Bedah Soal HOTS bidang IPS, serta Dr. Muhyaatul Fhadilah, M.Si membawakan materi Penyusunan dan Bedah Soal HOTS bidang IPA.

Ketika memberikan sambutan Kepala Sekolah MAN IC, Hendrisakti Oktavianus menjelaskan bahwa “ MAN IC terus memperkuat kompetensi gurunya secara pedagogis, mengingkat bahwa tren dalam kegiatan-kegiatan lomba bidang akademik seperti Kompetensi Sains Mandrasah (KSM), olimpide ilmiah dan UTBK, justru soal yang diujikan adalah rata-rata soal-soal jenis HOTS, maka melaui workshop ini, akan menambah keterampilan guru yang nantinya ditularkan pada siswa”, Kata pimpinan sekolah unggul di bawah Kemenag ini.

Ketua Tim UNP dalam workshop ini Drs. Ardi, M.Si dalam pengantarnya menyatakan “ Soal HOTS sudah menjadi bagian dari kegiatan akademik kita dari jenjang pendidikan dasar, menengah sampai ke perguruan tinggi, tujuannya adalah untuk mengenjot proses dan kualitas evaluasi pendidikan kita, makanya melalui workshop ini, guru-guru tidak ada lagi, yang mampu menyusun soal HOTS pada mata pelajarannya masing-masing”. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Workshop, Zul Anwar, M.Pd ketika dimintai keterangannya, menyampaikan “ Upaya dari pihak sekolah mencapai target yang dibebankan pada MAN IC khususnya di bidang akademik, ada siswa mereka yang meraih medali emas KSN di bidang ekonomi dan puluhan siswa lolos dengan jalur prestasi dan SNMPTN serta SBMPTN adalah karena kita siapkan secara serius, di antaranya mereka harus bisa memecahkan soal-soal berbentuk HOTS, yang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi”. demikian tegasnya di sela-sela kegiatan workshop tersebut (Er/ Humas UNP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar