Breaking

Rabu, 20 April 2022

Audy Joinaldy: Samsat Merupakan Tulang Punggungnya Pembangunan Sumbar

Baca Juga


BATUSANGKAR --
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus berupaya mempermudah pelayanan pajak ke masyarakat. Untuk itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengunjungi layanan Samsat Batusangkar Pagaruyung, Rabu (20/4/2022).

"Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar Sumbar berasal dari Samsat, artinya Samsat merupakan darah dan tulang punggungnya pembangunan daerah Sumbar. Untuk itu, saya hadir untuk memastikan pelayanan di sini," kata Audy Joinaldy.

Wagub Sumbar menjelaskan, telah banyak Program terobosan yang dilakukan UPTD Samsat Batusangkar, memastikan pelayanan pembebasan administrasi denda dan bunga atas pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama. 

"Saya lihat pelayanan di sini sudah bagus dan bersih. Kita apresiasi kepada jajaran Polres Tanah Datar yang telah bersinergi baik," kata Audy Joinaldy.

Menurut Audy, pajak kendaraan bermotor sudah menjadi sumber utama pendapatan asli daerah (PAD) Sumbar di tengah situasi pandemi Covid-19, target tetap tercapai. 

Pemprov Sumbar terus berupaya mempermudah pelayanan kepada masyarakat, terutama keluhan terkait pembayaran pajak. Untuk itu, launching e-Samsat menjadi upaya peningkatan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga akan mempermudah pembayaran bagi wajib pajak.

Audy Joinaldy berharap dengan sistem terintegrasi akan semakin efisien dan mampu menutupi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya penyimpangan. 

"Untuk itu, sistem ini harus dijaga, dan jangan sampai ada penyimpangan," tegasnya.

Lakukan sidak ke Samsat Batusangkar, Audy Joinaldy didampingi kepala Bapenda Sumbar Maswar Dedi yang juga menanyai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk ruang penyimpanan file yang tertata baik.

Terkait tugas dan pokok para ASN masih belum, untuk itu Dedi minta agar melakukan evaluasi ketat. 

"Perlu sedikit pembenahan, agar efektif dan efisien. Bekerja bagus itu sangat penting, sehingga pelayanan masyarakat dapat benar-benar berfungsi, bukan hanya sekadar mengantor," pintanya.

Pada kesempatan sama Kepala UPTD Samsat Batusangkar Akhmad Jasmen, SE, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wagub Sumbar telah memberi motivasi untuk berbuat lebih maju dalam pelayanan di Samsat Batusangkar.

Akhmad mengatakan e-Samsat sangat membantu dalam meningkatkan pelayanan kepada publik.

"Sehingga pelayanan dapat dilaksanakan dengan mudah, cepat dan aman. Peningkatan pelayanan e-Samsat akan berpengaruh terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah," terang Akhmad. (nov)

Dinas Kominfotik Sumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar