Breaking

Sabtu, 14 Mei 2022

Gubernur Sumbar Minta Lulusan UBH Teladani Bung Hatta

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, meminta kepada seluruh wisudawan, para alumni, mahasiswa, dan civitas akademik untuk mencontoh keteladanan dan kesederhanaan salah satu ploklomator Republik Indonesia, Bung Hatta. Sehingga, ketika menjadi pemimpin dimasa depan, para pemuda ini menjadi pemimpin layak dicontoh oleh warganya.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur saat memberikan sambutan Dies Natalis ke-41 dan Wisuda ke-77 di Lapangan Universitas Bung Hatta, pada Sabtu (14/5/2022). Dihadapan 577 wisudawan, Gubernur menyampaikan cita-cita Pemerintah Republik Indonesia yang akan menjadi salah satu dari lima besar negara di dunia pada tahun 2045 kedepan. 

"Saat ini Indonesia telah menjadi pemimpin negara-negara group of twenty (G20) dan telah memasuki peringkat ke-16 negara G20 berdasarkan besaran PDB. Pemprov  bersama civitas akademik yang ada di Sumbar memegang peranan penting dalam mensukseskan cita-cita bangsa Indonesia," ungkapnya. 

Apalagi Sumbar sebagai salah satu provinsi yang sejak dahulu terkenal melahirkan tokoh-tokoh cendekiawan dan pendiri bangsa, seperti Bung Hatta yang namanya diabadikan sebagai nama dari kampus UBH ini, diharapkan tetap memberikan kontribusi yang terbaik untuk Sumbar dalam memajukan  NKRI di masa yang akan datang. 
 
"Untuk itu mahasiswa yang ada saat ini dan pemuda hari ini adalah pemimpin dimasa datang. Kita mengajak para wisudawan, dan mahasiswa serta seluruh generasi muda Indonesia, khusus generasi pemuda Sumatera Barat tetap menjadi orang-orang yang berada pada posisi penentu hidup berbangsa dan bernegara," ajak Gubernur.

Selanjutnya Buya mengapresiasi Universitas Bung Hatta dalam mengeksiskan, merawat dan menjaga keberadaan Bung Hatta sebagai Proklamator bangsa Indonesia. Gubernur juga mengajak civitas akademika bersama-sama berikan kontribusi untuk bangsa ini. Guna untuk memberikan yang terbaik bagi Sumbar dan terbaik untuk negara kesatuan Republik Indonesia ini. 

"Demi memperkuat dan mempertahankan posisi NKRI, maka perlunya meningkatkan persatuan serta menyalurkan ilmu pengetahuan kepada anak-anak generasi penerus bangsa ini," imbuhnya. 

Terakhir, Rektor Universitas Bung Hatta (UBH), Tafdil Husni, berharap kedepan Sumatera Barat kembali melahirkan tokoh-tokoh besar seperti Tan Malaka, Sutan Sjahrir, Agus Salim, Abdul Muis, dan lainnya. Oleh sebab itu ia mengimbau kepada seluruh wisudawan untuk mentauladani pemikiran dan semangatnya dalam memajukan Bangsa Indonesia. (Via/MMC) 

Dinas Kominfotik Sumbar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar