Breaking

Senin, 06 Juni 2022

Perdana di Sumbar, Gubernur Mahyeldi Resmi Buka Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi di UNP

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, secara resmi membuka Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMProv) Sumbar Tahun 2022 dengan tema "Raih Prestasimu Dengan Sportivitas yang Tinggi Menuju Pomnas Tahun 2022," di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Senin (6/6).

Dalam sambutannya, gubernur menyambut baik diselenggarakannya POMProv yang untuk pertama kalinya dilakukan di Sumbar. Menurutnya, perhelatan ini akan menumbuhkan semangat dan gairah peningkatan prestasi olahraga di Sumbar.

"Pemprov Sumbar sangat mendukung kegiatan olahraga di Sumbar yang akan ikut mendorong kemajuan daerah. Kuncinya kolaborasi dan sinergi. Apalagi POMProv ini juga menjadi persiapan Sumbar sebagai tuan rumah POMNas di Sumbar yang akan mendorong peningkatkan prestasi olahraga di Sumbar," ujar gubernur.

Pekan olahraga mahasiswa ini diselenggarakan sebagai ajang seleksi Pomnas yang akan diselenggarakan di Sumbar, November tahun ini. Gubernur menyatakan pihaknya bersama-sama dengan DPRD akan mendukung kesuksesan penyelenggaraan POMProv yang berlangsung hingga 12 Juni mendatang tersebut.

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib, juga menyampaikan hal senada. Menurutnya, DPRD sangat mendukung POMProv yang untuk pertama kalinya digelar di Sumbar ini. Suwirpen berharap, setelah POMProv usai, jangan usai pula kegiatan pengembangan olahraga di kalangan mahasiswa. Bahkan jika perlu turut dikembangkan melalui kegiatan kemahasiswaan hingga ke tingkat nagari agar masyarakat semakin sadar akan kesehatan.

Sementara, Rektor UNP Prof. Ganefri, menyampaikan arti penting POMProv sebagai ajang seleksi POMNas. Sedikitnya 10 ribu orang yang terdiri dari atlet, official dan lainnya dari 34 provinsi, menurut Ganefri akan berkumpul di Sumbar pada perhelatan POMNas nanti.

"POMNas ini ajang bergengsi yang akan membawa nama daerah, nama Sumbar, tidak ada lagi nama perguruan tinggi. Karena itu kita butuh persiapan dan harus sukses sebagai tuan rumah sekaligus harus sukses dengan prestasi. Mudah-mudahan sebagai tuan rumah, Sumbar bisa masuk 5 besar, kalau bisa 3 besar. Manfaatkanlah waktu semaksimal mungkin dalam 4 bulan kedepan," kata Rektor.

Ketua Badan Pekan Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Sumbar, Hendra Syarifuddin, menyebut POMProv Sumbar akan melaksanakan 14 cabang olahraga dengan 159 nomor pertandingan yang diikuti oleh 320 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sumbar. Ke 14 cabang olahraga itu dilaksanakan di tiga venue, yakni di UNP,  Universitas Andalas dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.(doa/MMC)

Dinas Kominfotik Sumbar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar