Breaking

Minggu, 14 Agustus 2022

Ketua DPRD Sumbar Supardi Hadiri Pelantikan dan Tandatangani Dukungan Dengan Persani

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Untuk memajukan dunia olahraga Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), jangan  bertumpu pada kelengkapan atau kelayakan sarana prasarana. Menumbuhkan nilai-nilai patriotrisme dalam jiwa atlet, merupakan faktor yang lebih penting untuk mendulang presetasi. 

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Sumbar Supardi memberikan arahan pada pelantikan pengurus Persatuan Senam Indonesia (Persani) Sumbar Periode 2021-2025, Minggu (14/10) di rumah dinasnya.

"Selama ini, turunnya prestasi olahraga selalu dikaitkan dengan tidak layaknya  Sarana dan prasarana (Sapras). Hal itu memang penting, namun jangan jadikan penunjang utama dalam mendulang presetasi. Banyak altet dari desa dan tidak mendapatkan Sapras layak, tetapi bisa berbicara lebih pada iven olahraga nasional hingga dunia, "katanya.

Sebagai Ketua DPRD Sumbar, dia mengatakan, kedepan pelaksanaan rekrutmen para atlet harus sesuai dengan bidang dan bakat. Dengan demikian, mereka akan serius dalam cabang olahraga yang digeluti. Cara tersebut diharapkan bisa menjadi rekomendasi bagi induk olahraga KONI Sumbar, dalam mengangkat prestasi. 

Dia melihat, olahraga merupakan  instrumen penting dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) cerdas, sedangkan perguruan tinggi hanya mampu menciptakan SDM pintar.
Pintar secara akademik, tidak cukup untuk menjadi cerdas, cerdas terbentuk dari jiwa yang sehat dan proses sosial yang dihadapi.

" Hanya orang-orang cerdaslah yang bisa melakukan inovasi dan mengubah pola pola yang tertanam dalam hidup bermasyarakat,"katanya.

Terkait pengurus Persani Sumbar, dia memintakomitmen dalam memajukan cabang olahraga (cabor) senam, dahulunya senam merupakan cabor yang eksis mendulang mendali emas, dengan pelantikan pengurus baru pihaknya berharap hal itu terulang.

Dia mengatakan, bibit atlet senam di Sumbar sangat banyak, namun mereka banyak yang  tidak terdeteksi, agar senam bisa lebih maju dengan atlet yang berkualitas, maka libatkan tokoh-tokoh masyarakat hingga pihak-pihak sektor pendidikan agar mudah menemukan bibit. 

" Pembinaan yang optimal akan melahirkan atlet senam yang berkualitas dan diharapkan bisa  mewakili Sumbar di masa depan. Presetasi senam harus sejajar dengan presetasi Cabor lain, salah satunya adalah silat,"katanya. 

Sementara itu Ketua Persani terpilih Sepris Yonaldi mengatakan, seluruh pengurus Persani Sumbar Periode 2021-2025 berkomitmen untuk memajukan marwah organisasi lebih jauh, tentunya dengan presetasi olahraga dibidang senam.

Untuk program kerja kedepan Persani Sumbar merencanakan membuat Kejuaraan nasional (Kejurnas) senam. Terkait Cabor senam pihaknya mengatakan, telah banyak membina altet senam sebelumnya, pada PON Papua lalu Persani mengirim enam atlet untuk kontingen Sumbar, namun secara pendulangan medali belum optimal

"Kedepan pihaknya akan berusaha sekuat tenaga untuk presetasi yang lebih baik,"katanya.

Rel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar