Breaking

Rabu, 19 Oktober 2022

Malam Tuah Sakato Buka Rangkaian Peringatan Hari Pramuka Sumbar

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Memperingati Hari Pramuka ke-61, Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat menggelar Giat Prestasi Daerah Sumbar (GPD) 2022 mengangkat tema "Transformasi Gerakan Pramuka Menuju Era Digital" di Kota Solok pada tanggal18 s.d. 22 Oktober 2022. 

Rangkaian GPD 2022 diawali dengan malam pembukaan bertajuk "Tuah Sakato" yang meriah dengan pertunjukan berbagai atraksi seni dan budaya, dikemas secara apik di GOR Kota Solok. Dilanjutkan dengan Upacara Hari Pramuka dan beragam lomba Giat Prestasi Kepramukaan di Bumi Perkemahan Pulau belibis, Ampang Kualo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Audy Joinaldy mengungkapkan kebanggaannya atas penyelenggaraan Malam Tuah Sakato yang begitu semarak. Dihadiri Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bachtiar Utomo, Ketua Komisi Kesakaan Sako dan Gugus Dharma Yuniar Luthfi, ketua-ketua Kwartir Cabang Se-Sumatera Barat, Timbalan Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negeri Sabah Malaysia dan ratusan pramuka penggalang dari 19 kabupaten dan kota.

"Apresiasi khusus setinggi-tingginya pada seluruh panitia, tamu undangan dan adik-adik Pramuka penggalang. Acara ini keren banget, luar biasa," kata Wagub.

"Adik-adik Pramuka ini adalah harapan bangsa, harapan Sumatera Barat. Tugas utama adik-adik saat ini adalah belajar dengan baik, buat bangga orang tua, keluarga, dan sekolah. insyaAllah kelak adik-adik akan membanggakan Indonesia," sambungnya.

Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Bachtiar Utomo juga memberikan apresiasi pada malam pembukaan tersebut. Acara dan kegiatan ini menurutnya membuktikan bahwa pandemi yang telah berlalu tidak mengurangi semangat pelaksanaan kegiatan Pramuka sebagai bagian kegiatan pendidikan informal.

Sebelumnya Ia menuturkan, tahun ini Kwarnas Gerakan Pramuka juga telah melaksanakan beberapa kegiatan kepramukaan nasional, antara lain Perkemahan Wirakarya Nasional di Jambi, Perkemahan Jambore Nasional ke XI di Bumi Perkemahan Cibubur, dan Perkemahan Antar Satuan Karya di Bangka Belitung. Disusul Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara pada November mendatang.

Selanjutnya Bachtiar mengungkapkan, pada 2023 nanti juga akan Jambore Dunia di Korea Selatan. Ia berharap Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar dapat turut berpartisipasi mengirimkan kontingen bersama-sama Kwartir Daerah lainnya dari seluruh Indonesia.

"Kwarnas akan mengirimkan 1400 orang Pada Jambore Dunia di Korea Selatan nanti. Ini adalah kontingen terbesar sepanjang sejarah kepramukaan nasional. Tentu kita berharap Sumatera Barat dapat ikut berpartisipasi," ungkapnya.

Giat Prestasi Daerah Sumbar 2022 ini adalah sarana pendidikan dan keterampilan, terutama bagi Pramuka penegak dan berkebutuhan khusus yang dikemas dalam kegiatan perlombaan yang menarik dan riang dengan metode pamong.

GPD Sumbar 2022 diikuti oleh masing-masing regu yang beranggotakan Pramuka penggalang 8 putra dan 8 putri, Pramuka berkebutuhan khusus 3 putra dan 3 putri, Pembina pendamping penegak 1 putra dan 1 putri, Pembina pendamping berkebutuhan khusus 1 putra dan 1 putri, serta tamu undangan dan masyarakat pengunjung. (MC Prov Sumbar)

Dinas Kominfotik Sumbar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar