Breaking

Minggu, 30 Oktober 2022

Setelah 5 Tahun Rusak, PT. SP Perbaiki Irigasi untuk Pengairan Lahan Sawah Masyarakat di Pulau Sakato

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Setelah lima tahun rusak,  pintu irigasi di Pulau Sakato,areal Pertanian Kelompok Tani Pulau Sakato kelurahan Baringin Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang Sumatera Barat, akhirnya diperbaiki oleh PT Semen Padang perusahaan Semen melalui Dana CSR melalui perpanjangan tangan Forum nagari yang ada di masing masing kelurahan di lingkungan perusahan tersebut.

Program ini di harapkan oleh masyarakat petani yang ada di kelurahan Baringin sejak cukup lama,dan akhirnya bisa diwujudkan ditahun ini.

Ketua Kelompok Tani Pulau Sakato Kelurahan Baringin, Rustin yang juga salah satu pengurus RT di kelurahan tersebut saat dihubungi, Jumat, 28 Oktober 2022, mengatakan petani setempat bersyukur pintu air yang porak poranda akibat Banjir 5 tahun yang lalu, akhirnya diperbaiki.


Alhamdulillah, sudah diperbaiki oleh PT semen Padang melalui program Pipanisasi dari Forum nagari Baringin,melalui dana CSR nya Semen Padang. Program ini terlaksana atas kerja sama semua pihak dan kesepakatan tokoh masyarakat kelurahan Baringin,karena ini dianggap sebuah hal yang sangat urgen di Baringin,lahan yang selama 5 tahun terakhir terbengkalai kini diharapkan akan dapat diolah kembali untuk area pertanian,Kita semua Bersyukur sudah lima tahun, baru diperbaiki tahun ini," kata dia.

Harapan senada juga di ungkapkan Jamal Febrianto,S.H Ketua Lembaga pemberdayaan masyarakat ( LPM ) Baringin ,berharap dengan adanya perbaikan pintu air tersebut, areal persawahan di Baringin dan tarantang yang akses air irigasinya dari pintu air ini bisa teraliri lagi,sehingga membuat para petani kembali bersemangat dan bisa mengolah lahan pertaniannya sebagaimana dulu,petani juga bisa kembali bercocok tanam,dilahan lahan mereka,ini akan memperbaiki taraf ekonomi keluarga petani kita dari yang semula tidak bisa mengolah lahan dan panen akibat dari putusnya aliran irigasi tersebut.


"Ya, mudah-mudahan hasilnya maksimal sesuai harapan kita bersama,seluruh stakeholder kelurahan Baringin.Tanpa mengurangi rasa hormat,ucapan terimaksih tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah turut membantu terwujudnya harapan masyarakat ini,terkhusus buat PT semen Padang yang selalu peduli dan basinergi mambangun nagari,melalu dana dan program kerja di csr nya.sehingga program Pipanisasi irigasi ini bisa direalisasikan tahun ini. kata tokoh muda low profil ini.

Ketua Forum nagari kelurahan Baringin Dolly Fajri, juga menyambung hal senada, mengatakan perbaikan pintu air saluran irigasi tersebut sudah dilakukan tiga pekan lalu. Setidaknya,saluran sekunder yang diperbaiki oleh PT Semen Padang melalui dana forum nagari Baringin dari CSR nya semen Padang,bisa kembali mengaliri lahan petani kita di Baringin dan sekitarnya dimana lebih kurang 40 ha yang terdampak banjir bandang 5 tahun lalu.

" Alhamdulillah,tahun ini kita realisasikan dengan dana forum nagari kelurahan Baringin lebih kurang 160 jt rupiah untuk rehab kerusakan dan pipanisasi pintu irigasi tersebut,hal ini bisa terwujud dari kesepakatan dan kesepahaman program seluruh stakeholder dan tokoh masyarakat kelurahan Baringin untuk mengajukan ini sebagai program yang dianggap paling urgent dan skala prioritas di kelurahan Baringin.

Walau dengan keterbatasan anggaran," kata dia,kita tetap memaksimalkan hasil sesuai harapan masyarakat petani kita untuk dapat kembali turun ke sawah dengan teraliri air nantinya,tentu tak lepas dari support positif serta dukungan penuh PT semen Padang ini bisa di wujudkan. (***)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar