Breaking

Minggu, 25 September 2022

Siapkan Lulusan Unggul dan Kompetitif, Pascasarjana UIN Imam Bonjol Gelar Workshop Tinjauan Kurikulum

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Progam Pascasarjana (PPs) UIN Imam Bonjol Padang menyelenggarakan kegiatan peninjauan kurikulum pasca di Pangeran Beach Hotel, 25 s/d 27 September 2022.

Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Muhammad Zalnur, M.Ag dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 83 orang yang terdiri dari Dosen Program Studi, Pengambil Kebijakan, Stakeholder dan Pengelola pada PPs UIN IB Padang.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Firdaus, M.Ag menyampaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang ini memberikan implikasi yang sangat luar biasa yang harus direspon dengan peninjauan kurikulum pascasarjana. Dengan peninjauan kurikulum ini diharapkan lulusan pascasarjana UIN IB semakin berkualitas dan unggul, mempunyai daya saing yang tinggi serta dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut.

Rektor UIN IB, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd dalam sambutannya pada saat membuka secara resmi kegiatan menyampaikan UIN Imam Bonjol Padang harus mampu menjadi universitas yang unggul dan kompetitif, mengingat lembaga ini merupakan pendidikan tinggi keagamaan Islam Pertama dan tertua di Sumatera Barat.

Rektor meminta Pascasarjana harus mampu leading untuk memperoleh akreditasi tingkat Internasional untuk memperoleh rekognisi masyarakat intelektual dunia, dan menjadi Epicentrum kajian Islam dari Ranah Minang.

“Saya berharap kurikulum yang dirumuskan benar-benar mendukung core competencies dari profile lulusan masing-masing program studi. Susun dan hitunglah proyeksi lulusan beberapa tahun ke depan. Sesuaikan kembali dengan laju teknologi informasi yang mendorong peradaban pada saat ini” lanjutnya.

Rektor menaruh harapan pada Pascasarajana untuk menyusun kompetensi lulusan yang melewati kompetensi yang telah ditetapkan pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan terus mengembangkan riset terhadap kebutuhan pendidikan pada tingkat magister dan doktor di program studi yang lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini dikemas dalam bentuk diskusi Telaah Kurikulum Program Studi dan menghadirkan pemateri dan pakar diantaranya; Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A dengan materi Desain Kurikulum Pascasarjana Perguruan Tinggi Islam. Dr. Fauzan, M.A dengan materi Reorientasi Arah Kebijakan Kurikulum Pascasarjana Perguruan Tinggi Islam.

humas-uinib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar