Breaking

Sabtu, 29 Oktober 2022

Umi Harneli Puji Semangat Para Pelaku Usaha di Minangkabau Heritage

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Ny. Harneli Mahyeldi atau biasa disapa Umi Harneli, memberikan apresiasi tinggi kepada para pelaku usaha, pelaku seni dan budaya yang telah mempersiapkan diri untuk tampil mengenalkan Sumatera barat secara utuh dan terpadu dalam Minangkabau Heritage di Jakarta Convention Center di Jakarta Pusat, Kamis, (27/10/2022). 

Didampingi Wakil Ketua Dekranasda Ny. Fitria Amalia Audy, Umi juga menyampaikan harapan agar even ini dapat membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam mempromosikan dan memasarkan seluruh potensi Sumatera Barat dalam bentuk promosi dan pemasaran produk unggulan daerah. 

“Kerajinan Sumatera Barat mempunyai pontensi tinggi untuk dikembangkan dan ditingkatkan menjadi komoditas perdagangan yang memiliki daya saing tinggi. Bahkan Sumatera Barat ditetapkan sebagai sentra sulam dan bordir Indonesia. Dari Sumatera Barat terlahir beberapa produk kriya sulam seperti Kapalo Samek, Suji Caia, Sulam Bayang, Sulam Bayang Mas, serta Bordir Kerancang.” jelas Umi, dalam sambutan pembukaan event tersebut.

Acara Minang Haritage ini turut dimeriahkan degan menampilkan banyak tarian khas Sumatera Barat, diantaranya Tari Pasambahan, Tari Piring dari Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Tari Payung dari Dekranasda Kota Bukittinggi, Tari Dulan dan Kreasi dari Dekranasda Kota Payakumbuh. 

Selain itu juga ditampilkan karya para desainer Sumatera Barat diantaranya dari Dekranasda Provinsi Sumatra Barat, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten 50 Kota, Kota Payakumbuh, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok Selatan.

Hasil para desainer tersebut ditampilkan dalam rangkaian acara Fashion Show Minangkabau Haritage, acara berlangsung sangat meriah para penonton dan pengunjung sangat menikmati acara tersebut. 

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Asben Hendri, Walikota Payakumbuh Rida Ananda beserta istri. Hadir juga Ketua Asephi, Muchsin Ridjan, Sekjen Asephi Baby Jurmawati Djuri, Direktur PT. Mediatama Binakreasi Umi Noor W.

Tampak juga Ketua Dekranasda Kabupaten Kota se Sumbar, diantaranya dari Bukittinggi, Payakumbuh, Padang, Limapuluh Kota, Pesisir Selatan, Sijunjung, dan Solok Selatan. Selain itu juga hadir Ketua Indo Jalito Ettie Yuswill beserta para anggota.(phb)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar