Breaking

Kamis, 03 November 2022

Didampingi Gubernur Sumbar dan Rektor Ganefri, Menpora RI Resmikan Lapangan Atletik UNP Persiapan POMNas 2022

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Hari ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjadi narasumber dan memberikan paparan di Kuliah Umum bertemakan  ‘Implementasi Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021, untuk prestasi olahraga nasional’ kepada ribuan mahasiswa Universitas Negeri Padang di aula Auditorium UNP, Kamis (03/11/2022).

Setelah agenda kuliah umum tersebut Menpora RI, Zainudin Amali meresmikan Lapangan Atletik Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang (UNP), yang mana peresmian lapangan atletik berstandar internasional ini disebut merupakan satu-satunya di luar Pulau Jawa tersebut.

Pada kegiatan peresmian lapangan atletik ini Menpora RI didampingi langsung Rektor UNP, Ganefri dan juga Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. Rektor UNP, Prof Ganefri dalam sambutannya mengapresiasi kedatangan Menpora untuk kedua kalinya di universitas kebanggaan masyarakat Sumbar tersebut.

Rektor memaparkan, Lapangan Atletik dibangun sejak 22 Juni hingga 30 Oktober, 15 ribu meter persegi lebih yang menelan anggaran mencapai Rp19,719 miliar bersumber dari PTN BH UNP, sebagai persiapan untuk kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) 2022, yang bakal diselenggarakan di UNP pada 17-22 Oktober 2022 mendatang.

“Lapangan Atletik ini merupakan lapangan Atletik pertama di Sumbar, dilengkapi dengan sarana olahraga lari, lompat jauh, lempar cakram dan lain sebagainya,” papar Ganefri.

Jelas Rektor, pihaknya memang berusaha memenuhi sarana olahraga dengan standar nasional dan internasional. Jadi bukan sarana pembelajaran semata, namun juga untuk mencetak atlet muda berprestasi di daerah, dengan dihadirkannya pusat olahraga di daerah melalui kerjasama dengan pihak kampus.

Usaha ini sejalan dengan program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk mencetak atlet olahraga nasional.

“Sentra latihan ini hanya ada 5 di Indonesia, dan UNP merupakan satu-satunya yang ada di luar Jawa.

Dia optimis, dengan fasilitas ini, Insya Allah kedepan Sumatra Barat bakal memiliki atlet-atlet berprestasi nasional.

Sementara itu Menpora Zainudin Amali menyampaikan, dipilihnya UNP sebagai lokasi pemusatan penjaringan atlet melalui fasilitas Lapangan Atletik tidak terlepas dari kepiawaian Rektor UNP, Ganefri dalam melakukan pendekatan dan menyakinkan Kemenpora.

Dia menjelaskan, DBON sebagai implementasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021. DBON ini merupakan perancang ulangan sistem pembinaan keolahragaan nasional, yang dimulai dari kampus dan semua stakeholder hingga melahirkan atlet-atlet berprestasi tingkat dunia atau olimpiade.

“Di tingkat Asia Tenggara pun kita sudah mulai ketinggalan. Padahal pada tahun 1990 an, tak ada negara di Asia tenggara yang melampaui Indonesia. Ini harus dijadikan evaluasi total, terutama soal pembinaan atlet,” beber dia.

Jelas dia, pembinaan atlet jangka panjang yang menghasilkan prestasi dunia merupakan investasi negara untuk pembangunan SDM serta mengangkat harkat dan martabat bangsa di tingkat internasional. [***]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar