Breaking

Rabu, 02 November 2022

Pelantikan Sempat Tertunda, Portina Sumbar Tetap Berkibar Lestarikan Olahraga Tradisional

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Meski sempat tertunda selama dua  tahun akibat pandemi covid-19 akhirnya, Senin (1/11) Pengurus Pelestari Olahraga Tradisonal Indonesia (PORTINA) Sumatera Barat periode 2020-2024 yang diketuai oleh Marlina Suswanti resmi dilantik oleh Kabid Organisasi PORTINA Nasional, Yahya Majid, SE berlangsung di Ballroom ZHM Premiere Hotel, Padang.

Diawali dengan pelatihan wasit  juri olahraga tradisional yang menghadirkan narasumber Ketua Umum  KORMI  Sumbar Aristo Munandar, dimana kegiatan pelatihan ini diikuti oleh peserta dari PORTINA Sumbar yang difasilitasi oleh pokir Anggota DPRD Sumbar Hidayat, SS. Ikut hadir Kadispora Sumbar Dedy Diantolani.

Dalam sambutannya Kabid Organisasi PORTINA Indonesia Yahya  mengatakan Portina dilahirkan saat covid level 4 sebab melalui olah raga tradsional menjadikan tubuh sehat bugar dan gembira  sehingga bisa meningkatkan imun tubuh.

Ia juga menjelaskan PORTINA adalah merupakan induk organisasi (inorga) dari Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia  (KORMI)  dan  didukung penuh oleh Dispora dengan 15 olahraga tradisional yang akan dilestarikan di seluruh pelosok negeri di Indonesia.

Yahya menyebutkan, daftar olahraga tradisional yang telah diklarifikasi antara lain ; 1. Egrang, 2. Gebug Bantal, 3. Terompah Panjang, 4. Lari Balok, 5. Tarik Tambang, 6. Hadang, 7. Patok Lele, 8. Benteng, 9. Dagongan, 10. Sumpitan dan 11. Gasing, 12. Silat 13.Katapel 14. Panah tradisonal 15.Sepak raga.

Sebelum ada Portina sudah ada 11 olahraga tradisional yang telah dicatatkan sejak 2006, kami sudah buat modul dengan menambahkan empat olahraga baru yaitu pencak silat tradisional, sepak raga, panahan tradisional, dan ketapel," pungkas Yahya.

"PORTINA didirikan sebagai wadah komunitas olahraga tradisional yang ada di tengah masyarakat yang kebanyakan belum bisa membuat legalitas sendiri, sehingga nantinya bisa mendapat dukungan bantuan dari pemerintah daerahnya sendiri" ucap Yahya.

Ketua Umum PORTINA Sumbar Marlina Suswanti berterima kasih atas semua support terselenggaranya pelantikan pengurus PORTINA Sumbar, Ia juga menuturkan target visi misi PORTINA Sumbar.

" Sesuai visi misi nya,  PORTINA Sumbar akan mensosialisasikan dan mengajak masyarakat mencintai dan melestarikan  olahraga tradisional khususnya anak milenial yang saat ini tergiring kemajuan teknologi dengan game online, diharapkan melalui olahraga tradisional ini mereka ikut merasakan kembali betapa seru dan menyenangkannya olahraga tradisonal ini." tutur Marlina .

Kadispora memberi apresisiasi dan dukungan penuh terhadap pelestarian olahraga tradisional. " Mari kita saling berkoordinasi dan berkolaborasi dengan OPD pemerintah dan pihak terkait khususnya dukungan  pokir yang diberikan anggota DPRD Sumbar Hidayat, SS supaya bisa direalisasikan dan dipertanggungjawabkan secara maksimal. (Monsis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar