Breaking

Kamis, 05 Januari 2023

Komisi V DPRD Sumbar Siap Perjuangkan 486 Guru Honorer yang Belum Ada Penempatan

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Belasan guru honorer lulus Fassing Grade (FG) mewakili rekan-rekannya, melakukan hearing  dengan Komisi  V DPRD Provinsi Sumbar , Kamis (5/1/2023) di Ruang Bamus gedung rakyat tersebut. 

Pada kesempatan tersebut urusan para guru honorer diterima langsung ketua komisi Daswanto, serta beberapa anggota lainnya,dalam mendengarkan aspirasi para pendidik honorer. 

Menyikapi keluhan honorer, Daswanto mengatakan, di Sumbar  masih tertinggal Pegawai Pemerintah (PN) nya, sebanyak 486 orang yang  belum ada penempatan padahal mereka sudah menjadi pegawai honorer sejak tahun 2021, maka Komisi V DPRD Sumbar berupaya mencari solusinya untuk guru honorer tesebut.

"Kita di DPRD akan  berkoordinasi dengan  Pemerintah Provinsi, Kkhususnya Dinas Pendidikan, Kemenpan,  Menteri pendidikan, dan juga berkoordinasi dengan DPR -RI khususnya bidang  pendidikan, biar bisa guru- guru ini nanti ada pormasi yang  bisa di buka untuk mereka dimana  penempatannya nanti,"tegas Daswanto 

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi V lainnya Hidayat, agar asprirasi para honorer di perjuangan ke Menpan RB, menteri terkait, dan komisi pendidikan di DPR - RI, karena persoalan ini tidak hanya di Sumbar tapi sudah ditingkat nasional.

"Tidak ada alasan kita untuk tidak memperjuangkan aspirasi mereka, karena ini berkaitan dengan masa depan para guru dan masa depan anak bangsa yang mereka didik, untuk mendapatkan ilmu di sekolah," tegas Hidayat. 

Sekaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Barat Drs. Barlius, MM, menjelaskan, yang tergabung dalam Prioritas 1 (P1) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021,nanti akan dilanjutkan aundensi bersama  dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar. 

"Para guru honorer yang telah lulus Passing Grade (PG) 2021  itu sebanyak  2523 orang dan 1926 sudah ada penempatan,sementara  penempatan tersebut  sudah di atur oleh Kementerian yaitu Kemenpan RB , " Ujarnya. 

Barlius juga mengatakan, yang belum ada penempatan sama sekali  sebanyak 486  orang,  padahal sudah lulus Fassing Grade (FG) di kelompok 2523 orang, Karena tidak Singkron  nya  ijazah  yang dimilikinya dengan mata pelajaran. 

"Ini yang harus kita perjuangkan nanti, ke pusat karena mereka sudah berhonor selama 10 tahun. Barlius  beharap mereka tidak patah semangat, tetap mengajar dan  berjuang jangan pantang menyerah " Terang dia. 

Sementara itu, Ketua pengurus  Forum Guru Honorer Pertama Negeri dan Swasta (FGPPNS) Prioritas I yang lulus Fassing Grade dan tergabung dari berbagai guru honorer dari SMA, SMP  serta Disabilitas di Sumbar Nelvi Wanrita minta, agar mereka yang belum mendapatkan penempatan  sekitar 486 orang,untuk diberikan formasi  ditahun 2023 ini, sehingga mereka   yang tinggal ini bisa mendapatkan penempatan. 

Ditambahkannya, untuk mendapatkan penempatan dia  berjuang sejak bulan Oktober sebelum hasil kedua keluar, mulai dari Audensi dengan Pusat, Kabid PPPK, Sekretaris dinas , wakil gubernur dan terakhir di DPRD Sumbar Khusus nya Komisi V bidang kesejahteraan , Alhamdulillah mereka sudah dapat pencerahan, sehingga bisa terus berupaya mencari berbagai solusi. (DW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar