Breaking

Jumat, 03 Februari 2023

UNP Laksanakan FGD Peran Medical Teacher Terkini dan Pergeseran Generasi Bersama Rektor

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM
 -- Dalam rangka pendirian Fakultas Kedokteran, Universitas Negeri Padang melaksanakan Focus Group Discussion dengan narasumber Prof. Ova Emilia, M.MedEd., Sp.OG(K)., Ph.D, Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Jumat (3/2) bertempat di Ruang Sidang Senat UNP, Kampus Air Tawar. FGD ini mengambil tema “Faculty Development – Peran Medical Teacher Terkini dan Pergeseran Generasi”.

Dalam materinya Prof. Ova menjelaskan bahwa Pendidikan Kedokteran di Era 5.0 menuntut kehadiran dokter yang berwawasan global, namun tetap locally invested. Artinya, seorang dokter harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan global dunia kedokteran saat ini, namun tetap menguasai aspek-aspek lokal yang menunjang kinerjanya sebagai seorang dokter. Selanjutnya ia menjelaskan berbagai hal terkait dengan kebutuhan kompetensi serta ekosistem pendidikan kedokteran yang diperlukan. Prof. Ova juga memaparkan berbagai peran yang harus dijalankan oleh seorang medical teacher, yaitu sebagai penyedia informasi kesehatan, sebagai fasilitator atau mentor, sebagai pengembang kurikulum, sebagai pendiagnosa, sebagai role model, sebagai manajer atau pemimpin, sebagai akademisi atau peneliti serta sebagai seorang profesional. 

FGD ini diikuti oleh Tim Fakultas Kedokteran, beserta seluruh Dekan, para Wakil Dekan, para Kepala Biro serta sivitas akademika UNP lainnya. 

Dalam sambutannya Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D mengucapkan terimakasih atas kehadiran Prof. Ova untuk memberikan pencerahan bagi UNP. Ia menyampaikan, pendirian Fakultas Kedokteran UNP membutuhkan dukungan dari banyak pihak, terutama salah satunya dari Universitas Gadjah Mada. Dalam rangka pengembangan Fakultas Kedokteran, UNP telah banyak melahirkan inovasi, seperti digital management, digital leadership, dan digital learning. (OT/Humas UNP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar