Breaking

Kamis, 09 Maret 2023

Awali Pembukaan Masa Sidang I 2023, DPRD Kota Padang Laksanakan Bimtek

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- DPRD Kota Padang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dan peningkatan kapasitas terhadap pimpinan dan anggota DPRD diawal pembukaan masa sidang I 2023 pada selasa (07/03) di Bukittinggi.

Direncanakan Bimtek tersebut bakal di gelar selama tiga hari, dan dimulai Selasa 7 Maret 2023 dengan pemateri dari Universitas Tamansiswa Padang.


Dikesempatan tersebut, Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani menuturkan bahwa pelaksanaan bimtek bertujuan untuk pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Padang dalam mewujudkan tugas dan fungsi sebagai dewan.

Dimana dalam mewujudkan fungsinya tersebut, sebagai lembaga legislatif, DPRD memiliki tugas, peran dan tanggungjawab dalam menyukseskan pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Untuk itu didalam bimtek tersebut, dihadirkan materi yang tentang pendalaman UU No.1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Dilanjutkan dengan optimalisasi dan wewenang DPRD dalam perencaan pengawasan keuangan daerah.


Kemudian juga diadakan pembahasan tentang mekanisme KUA-PPAD APBD tahun anggaran 2024 dan teknik dan tata cara penyusunan KUA-PPAS.

Dikatakan Syafrial Kani, keempat materi itu sangat penting dan relevan dengan perkembangan kondisi pemerintahan Kota Padang.


"Kami berharap narasumber memberikan materi secara komprehensif, sehingga menambah pemahaman dan pengetahuan kami,” ujarnya.

Di lain pihak, Sekretaris DPRD, Hendrizal Azhar mengatakan tujuan dan manfaat bimtek agar pimpinan dan anggota DPRD mengetahui dan memahami peraturan perundang-undangan, terkait dengan tugas, fungsi dan wewenang.


Lebih lanjut hal tersebut dimaksimalkan agar pimpinan dan anggota DPRD memiliki pemahaman mekanisme dan tata cara penyusunan KUA-PPAS dan penetapan APBD 2024. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar