Breaking

Kamis, 02 Maret 2023

Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP Gandeng Jabatan Konseling University Malaya Wujudkan World Class University

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Sesuai dengan visi Universitas Negeri Padang: Menjadi Universitas Bermartabat dan Bereputasi Internasional, Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP mengadakan kerjasama dengan Jabatan Konseling University Malaya, yang merupakan Universitas dengan ranking 55 dalam bidang  pendidikan dan ranking 70 dalam semua bidang yang menjadi Core Business University Malaya. 

Kerjasama Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP ditujukan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan Tridharma PT sesuai dengan tuntutan global. Kegiatan yang dilakukan melalui pengintegrasian komponen internasional ke dalam pengembangan kurikulum, pertukaran dosen dan mahasiswa, peningkatan kualitas  pembelajaran, serta kerjasama penelitian/publikasi dan pengabdian masyarakat. Kolaborasi Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP dengan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya berlangsung dari tanggal 23 Februari sampai dengan 1 Maret 2023. Joint Program Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP dengan Fakulti Pendidikan University Malaya pada kali ini dikoordinir oleh Dr. Afdal, M.Pd., Kons. bersama Dr. Rezki Hariko, M.Pd., Kons. sebagai pembimbing HMJ BK yang didukung oleh dosen-dosen dan mahasiswa Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP.

Kegiatan dimulai dengan rapat pimpinan selingkungan FIP UNP bersama Prof. Madya Dr. Mohd. Nazri Abdul Rahman sebagai Timbalan Dean. Rapat tersebut dipimpin oleh Dekan FIP UNP dan dihadiri oleh Kepala Departemen, Wakil Dekan, Pengurus HMJ, dan Organisasi Kemahasiswaan lainnya, dan mahasiswa Fakulti Pendidikan Universiti Malaya. Rapat membahas rencana pelaksanaan International Competition of Research, Idea an Innovation on Teaching and Learning, 2023 (IC-RiiTel 2023) dengan jejaringan berbagai universitas di Indonesia dan Malaysia,  yang direncanakan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP sebagai Host. Kegiatan International Competition of Research, Idea an Innovation on Teaching and Learning, 2023 (IC-RiiTel 2023)  merupakan salah satu kegiatan tahunan mahasiswa. Sehubungan dengan itu, kegiatan ini dikendalikan oleh Dr. Desyandri. M.Pd. sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan bersama Senat dan Organisasi Mahasiswa di lingkungan FIP UNP. Selanjutnya kegiatan kolaborasi berlangsung antara dosen serta mahasiswa Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP dengan Prof. Madya. Dr. Zawawi Ismail dan Prof. Madya Dr. Mohd. Nazri Abdul Rahman.

Hari Sabtu tanggal 25 Februari dilaksanakan General Lecturer Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP bersama Fakulti Pendidikan University of Malaya. Kegiatan dimulai dengan sambutan masing-masing universitas dan pertunjukan seni dari mahasiswa Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu tanggal 25 Februari 2023. Kuliah umum tersebut menghadirkan para pelajar dari University Malaya dan juga mahasiswa dari UNP sendiri. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan para mahasiswa tentang paradigma pendidikan dalam perkembangan teknologi informasi di era society 5.0. Pembicara dalam Kuliah Umum terdiri dari Dekan Fakulti Pendidikan University Malaya, yaitu  Prof. Madya. Dr. Zawawi Ismail dan Deputy Dekan University Malaya Prof. Madya Dr. Mohd. Nazri Abdul Rahman, dan  Kepala UPBK UNP Ibu Dr. Yarmis Syukur, M. Pd., Kons. 

Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP di bawah arahan dari Dekan FIP UNP dan Rektor UNP bersama jajarannya, berupaya mengadakan kerjasama dengan Universitas Dunia. Sebelumnya kedatangan pensyarah dan siswazah Universiti Malaya, Departemen Bimbingan dan konseling FIP Universitas Negeri Padang, telah melaksanakan kegiatan dengan Jabatan Konseling Fakulty Pengajian Pendidikan Universitas Putra Malaysia (UPM). 

Pada kesempatan ini masing-masing pembicara menjelaskan paradigma pendidikan pasca dalam perkembangan teknologi informasi di era society 5.0.  Kegiatan  Kuliah Umum diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari UNP untuk University of Malaya. Dalam hal ini diberikan oleh Kepala Departemen Bimbingan Konseling FIP UNP yaitu Bapak Prof. Dr. Firman, M.S., Kons. dan sekretaris departemen BK yaitu Bapak Afdal, M. Pd., Kons. serta Prof. Dr. Neviyarni S., M.S., Kons. selaku Koordinator Program Studi S2 dan S3 Bimbingan Konseling FIP UNP. Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama. 

Kolaborasi Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP dengan siswazah Fakulty Pendidikan University Malaya dilanjutkan dengan kuliah bersama dalam mata kuliah Konseling Lintas Budaya, yang dikoordinir oleh Prof. Dr. Firman, M.S. Kons. sebagai dosen mata kuliah tersebut. 

(BK UNP/OT/Humas UNP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar