Breaking

Selasa, 14 Maret 2023

Smart, Genius Umar Soal Pengelolaan Keuangan Daerah Dapat Pengharagaan Kemendagri

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Ajo dan Uniang (panggilan khas orang Pariaman) ini gak gimmick (trik buruk) ya.. Kota Pariaman di era Walikota Genius Umar kembali meraih penghargaaan di sektor anggaran terutana Realisasi Anggaran 2022.

Hal ini diketahui setelah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Pariaman Buyung Lapau menerima pemberitahuan dari Kemendagri RI, Selasa 14/3-2023.

Pemberitahuan tertulis dari Kemendagri RI itu tentang pemberian penghargaan Realisasi Anggaran Tertinggi Keuangan Daerah  kepada Pemko Pariaman 

"Ya kami dapat surat tentang penghargaan kepada Pemko Pariaman, surat tentang pemberitahuan dari Kemendagri melalui undangan menghadiri Rakornas yang dilaksanakan Kamis 16 Maret 2023 di Hotel Mercure Ancol di Jakarta, saya langsung melapor ke Walikota Pak Genius Umar," ujar Buyung Lapau, Selasa sore tadi. 

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan penyerapan anggaran APBD Kota Pariaman Tahun 2022 per 31 Desember 2022 mencapai Rp 604,721 miliyar atau 94,21 persen dari jumlah anggaran Rp641,914 miliyar.

"Realisasi APBD Kota Pariaman Tahun 2022 hingga 31 Desember mencapai 94,21 persen dan Sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) Tahun 2022 sebesar Rp765,914 juta. Serapan anggaran Tahun 2022 termasuk tinggi,"uajr Genius Umar. 

Genius Umar menjelaskan bahwa jika dibadingkan persentase serapan anggara Tahun 2021 sebelumnya hanya mencapai 90 persen. Sedangkan serapan belanja pegawai Pemko Pariaman mencapai 95 persen yang meliputi belanja gaji dan honor seluruh pegawai di Pemko Pariaman.

“Pemko Pariaman juga telah membayarkan semua kewajiban termasuk gaji pegawai dan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) PNS Tahun 2022 serta tidak ada satu pun pekerjaan yang gagal bayar pada tahun anggaran 2022,"ujar Genius Umar.

Genius Umar berharap dengan semakin meningkatnya serapan anggaran Pemko Pariaman bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman melalui program dan kegiatan yang pro rakyat.

Pengharagaan didapat Kota Pariaman. yang diserahkan pada Rakornas Badan Keuangan Daerah se Indonesia di Ancol Kamis, kata Buyung Lapau apresiasi Kemendagri atas pengelolaan keuangan daerah, indikatornya tentan Penyerapan Anggaran Tertinggi. 

"Ini smart nya Pak Genius yang memberikan arahan kepada saya day by day dan bulan per bulan dalam mengelola keuangan di Kota Pariaman ini," ujar Buyung Lapau. (***) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar