Breaking

Rabu, 19 April 2023

Dianggap Tepat Wakili Pessel, 10 Ketua Bamus di Lumpo Dukung Syafrizal ke DPRD Sumbar

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Sepuluh Ketua Badan Musyawarah (Bamus) dari  Nagari yang ada di Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Sumbar) bersilaturrahmi dengan Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Pesisir Selatan Drs. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah, Selasa (18/4/2023) malam.

Silaturrahmi yang dikemas dengan acara buka puasa bersama ini dilaksanakan di Rumah Makan Dena, Pantai Carocok, Painan ini, diisi diskusi tentang pemerintahan nagari, peran lembaga-lembaga yang ada di nagari dengan segala dinamikanya pasca UU Desa No.6 Tahun 2014 dan gagasan-gagasan untuk kemajuan pemerintahan terdepan ini.

Syafrizal Ucok yang pernah delapan tahun menjadi Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumbar itu membagi pengalamannya dan kiat-kiat bagaimana memajukan nagari dengan suntikan Dana Desa serta upaya mengaktifkan Bumnag sebagai penggerak perekonomian di nagari-nagari.

"Nagari harus mampu mencari kiat, memanfaatkan potensi SDA dan SDM nagari sehingga setiap tahun Indeks Desa Membangun terus meningkat dan meningkatkan pula status IDM nagari menjadi maju atau mandiri. Ini bisa dicapai kalau semua potensi dan kelembagaan di nagari dapat melakukan sinergi," kata Syafrizal Ucok, Wabup Pessel 2005-2010 ini.

Bamus sesuai fungsinya, kata Syafrizal Ucok, sangat berperan untuk mencapai kemajuan sebuah nagari. Karena Bamus akan berfungsi membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Nagari bersama Wali Nagari, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat nagari dan tentunya melakukan pengawasan kinerja Wali Nagari.

Sepuluh Ketua Bamus dari Lumpo ini sangat mengharapkan Syafrizal Ucok sebagai putra terbaik Kecamatan IV Jurai tampil dalam Pemilu 2024 menjadi Caleg DPRD Sumbar. "Kami mengharapkan Pak Ucok membawa aspirasi IV Jurai khususnya dan aspirasi Pesisir Selatan pada umumnya untuk diperjuangkan di tingkat Provinsi Sumbar. Insya Allah kami bersama-sama akan mengantarkan Pak Ucok ke DPRD Provinsi," kata Antos, salah satu Ketua Bamus Nagari dari Lumpo ini.

Nagari Lumpo adalah nagari induk dengan wilayah cukup luas. Tahun 2011 Nagari Lumpo dimekarkan menjadi 11 nagari dengan rincian satu nagari induk yaitu Nagari Lumpo dan 10 nagari pemekaran yaitu Bukik Kaciak Lumpo, Sungai Sariak Lumpo, Sungai Gayo Lumpo, Gunuang Bungkuak Lumpo, Ampang Tareh Lumpo, Ampuan Lumpo, Balai Sinayan Lumpo, Taratak Tangah Lumpo, Batu Kunik Lumpo dan Limau Gadang Lumpo.

Untuk mewujudkan rencana mengantarkan Syafrizal Ucok menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumbar, tokoh-tokoh masyarakat di Lumpo akan melakukan pertemuan lanjutan dengan Syafrizal Ucok sebagai Caleg Partai Golkar dalam bentuk sosialisasi Pemilu 2024 di nagari-nagari. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar