Breaking

Rabu, 05 April 2023

UNP Siapkan Standar Pelayanan Kepada Mahasiswa Disabilitas

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Pusat Layanan Disabilitas Lembaga Pengembangan Pendidikan Pelaksana Tugas Strategis (PLD LP3S) akan menerbitkan Buku Panduan Layanan Mahasiswa Disabilitas di Universitas Negeri Padang, untuk itu dilakukan pembahasan dan penyempurnaan buku panduan tersebut bersama seluruh pimpinan Universitas, Lembaga, Fakultas dan Prodi di selingkungan UNP di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Gedung Rectorate and Research Center (5/4). 

Saat memberikan sambutan, Kepala LP3S UNP Prof. Dr. Jamaris, M. Pd menyampaikan bahwa Buku Panduan yang dibahas ini akan menjadi acuan utama dalam melayani mahasiswa disabilitas di selingkungan UNP. Tercatat mahasiswa disabilitas UNP saat ini adalah sebanyak 55 orang yang tersebar di beberapa Fakultas. “Aksesibilitas mahasiswa disabilitas menjadi salah satu indikator perguruan tinggi inklusif. Nanti Fakultas dapat mempedomani buku panduan ini dalam melayani mahasiswa disabilitas. Semoga buku panduan ini dapat segera disempurnakan dan disahkan oleh Rektor UNP” disampaikan Prof. Jamaris. 

Selanjutnya dalam pembukaan, Rektor UNP yang diwakili oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Yasri, MS menyampaikan bahwa mahasiswa disabilitas memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan yang sama dengan mahasiswa lainnya. Standar pelayanan mahasiswa disabilitas juga diperlukan untuk memenuhi pe-rankingan oleh QS yang meminta standar dukungan/ layanan/ fasilitas untuk mental health, layanan disabilitas pada layanan komputer seperti elearning, ketersediaan sign language interpreter, serta ketersediaan fasilitas-fasilitas sarana prasarana disabilitas. 

Selanjutnya Prof. Dr. Marlina, S. Pd, M.Si mempresentasikan materi mengenai Buku Panduan dan SOP. Berdasarkan identifikasi, permasalahan mahasiswa disabilitas di UNP adalah terkait dengan pembelajaran, aksesibilitas serta permasalahan lainnya. Oleh karena itu, dalam buku panduan yang dirancang oleh LPD meliputi Layanan Seleksi Khusus Masuk Perguruan Tingi (SKMPT), layanan aksesibilitas, layanan pendampingan akademik, dan layanan program khusus. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembahasan Buku panduan dan SOP Layanan Mahasiswa Disabilitas di Universitas Negeri Padang dengan pemandu diskusi Antony Saputra, SS., MA., Ph.D.

(OT/ Humas UNP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar