Breaking

Senin, 23 Oktober 2023

Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN IB Gelar Seminar Moderasi Beragama

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN IB selenggarakan Seminar Moderasi Beragama di ZHM Premiere, Minggu (22/10). Seminar yang bertemakan “Mahasiswa Moderat Era Digital” dihadiri 168 Mahasiswa yang merupakan utusan ormawa dengan narasumber dari Rumah Moderasi Beragama UIN Imam Bojol Padang, diantaranya Muhammad Taufik, M.Si , Muhammad Nasir, MA dan Aidil Aulya,MA., Hk.

Dr. Abdullah Khusairi selaku Ketua Panitia mengatakan tujuan Seminar Moderasi Beragama ini agar kita dapat hidup rukun dan bertoleransi. Terlebih lagi zaman ini lagi booming sosial media, ada banyak persoalan di dunia digital, sehingga perlu diadakan seminar ini agar mahasiswa moderat di era digital ungkapnya.

Narasumber dalam pemaparannya menyampaikan alasan pentingnya program moderasi beragama karena ada beberapa tantangan perilaku keagamaan masyarakat di era sekarang, diantaranya:

- Berkembangnya praktik keagamaan yg ekstrem dan merendahkan martabat kemanusiaan.

- Berkembangnya tafsir keagamaan klaim kebenaran subjektif yang dipengaruhi oleh kepentingan politik dan ekonomi.

- Munculnya semangat keagamaan yang tidak sejalan dengan penjagaan terhadap NKRI. Moderasi beragama merupakan program RPJMN. Program strategis negara untuk merawat keutuhan berbangsa dan bernegara. Pluralitas masyarakat Indonesia harus dijaga karena itu merupakan modal utama membangun kejayaan Indonesia.

Turut Hadir dalam Kegiatan tersebut Wakil Rektor III Bapak Welhendri Azwar, S.Ag, M.Si.,Ph.D selaku Penanggung Jawab Acara, para Wakil Dekan III di lingkungan UIN Imam BOnjol Padang Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Arfita Yessie, SE dan Tim selaku Pelaksana Kegiatan, serta Tim Humas.

Kontributor M.F
Editor S.P

Humas UINIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar