Breaking

Senin, 23 Oktober 2023

Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-69, Rektor Ganefri: Jadikan Momentum ini Refleksi Diri Mengingat Sejarah dan Tokoh yang Berjasa Bagi UNP

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Genap hari ini, Senin (23/10/2023) Universitas Negeri Padang Berusia 69 Tahun. Bersamaan dengan itu, UNP menggelar Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Dies Natalis UNP ke 69 di Auditorium UNP Kampus Utama Air Tawar Padang.

Dengan mengusung tema 'UNP Jaya dan Bermartabat' Rapat yang dibuka oleh Ketua Senat UNP, Prof. Dr. Lutri, M.S ini juga mendatangkan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof. Ir. Nizam, M.Sc, DIC, Ph.D, IPU, ASEAN.Eng untuk memberikan orasi ilmiah dalam rapat senat terbuka ini.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D pada sambutannya mengatakan dalam momentum Dies Natalis ke 69 ini menjadi refleksi diri bagi kita sekaligus mengingat sejarah dan mengenang tokoh-tokoh UNP yang telah berjasa dari sejak awal berdiri dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Batusangkar tahun 1954 hingga kini UNP yang berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) menginjak usia 69 tahun.

"Kita juga mengapresiasi sejumlah mantan-mantan rektor yang masih aktif mengabdikan diri mereka kepada Universitas Negeri Padang, Pertama Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd yang sekarang menjadi Ketua Majelis Wali Amanat, kemudian Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram beliau tetap memberi kontribusi dalam pengembangan UNP, Baik sebagai anggota Wali Amanat maupun pemikirannya menjadi rujukan kami, serta Prof. Dr. H.A.. Muri Yusuf M.Pd atas pemikirannya bagi pengembangan UNP," papar Rektor.

Dalam kesempatan itu, Rektor UNP juga menyampaikan pencapaian, prestasi serta keberhasilan UNP beberapa tahun terakhir. Tak hanya itu, Rektor UNP juga menyampaikan rencana pengembangan jangka panjang (RPJP) UNP tahun 2021 sampai 2045 mendatang. 

"Tahap pertama dari 2021-2025 merupakan penguatan budaya riset dan inovasi, Tahap kedua 2026-2030 UNP masuk tahap universitas riset dan inovasi, tahap ketiga 2031-2035 persiapan enterpreneurial university. Tahap selanjutnya 2036-2040 penguatan enterpreneurial dan tahap terakhir 2041-2045 entrepreneurial university," terang Rektor.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengucapkan selamat kepada seluruh elemen civitas UNP atas Dies Natalis yang ke 69. "Di usia yang sangat matang, UNP sudah berhasil meraih akreditasi unggulan. UNP luar biasa, mapan, gemilang, menjadi panutan, bahkan menjadi impian bagi para pencari ilmu pengetahuan dan menjadi kebanggaan mendapatkan gelar akademik dari UNP," ungkap Gubernur Sumbar.

Lebih lanjut ia berharap UNP bisa menjadi contoh inovasi, menghasilkan SDM unggulan, memberikan dampak kepada masyarakat dan serta berkontribusi mewujudkan Sumatera Barat yang madani.

"Kami Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sudah bersinergi berkolaborasi untuk memajukan UNP bermartabat dan meraih reputasi Internasional. Mudah-mudahan berkat kolaborasi inovasi ini apa yang mejadikan visi dan misi UNP dapat dicapai," tambahnya

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof. Ir. Nizam, M.Sc, DIC, Ph.D, IPU, ASEAN.Eng dalam orasi ilmiahnya mengatakan pendidikan tinggi memiliki tugas yang berat, perguruan tinggi harus menyiapkan insan-insan anak bangsa untuk menjadi insan yang kreatif, kompeten, berdaya saing dan berakhlak mulia. Oleh sebab itu, menurutnya perguruan tinggi harus menjaga mutu dan relevansi untuk mencapai itu semua.

"Diusia ke 69 tahun ini UNP harus mampu menjaga mutu dan relevansi perguruan tinggi. Kita harus memastikan lulusan harus kompeten dan memiliki daya saing. Tak hanya di nasional tapi juga di luar negeri, karena tugas perguruan tinggi, tugas dosen menghantarkan mahasiswa ke gerbang masa depan mereka," paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan perguruan tinggi harus terus mengasah diri agar mampu mengantarkan para mahasiswa dan lulusan ke gerbang masa depan mereka agar dapat mewujudkan Indonesia Emas yang dicita-citakan bersama.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas, Wakil Rektor I,II, III dan IV, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Kepala dan Sekretaris Lembaga, Kepala dan Sekretaris Badan, Kepala Biro Selingkungan, kepala dan Sekretaris SPI dan Kepala UPT, Kepala Pusat, Kepala Kantor. 

Kemudian Kepala dan Sekretaris Departemen, koordinator Program Studi, Kepala Bagian dan Jabatan Fungsional Ahli Madya, para dosen, Kepala sub Bagian serta Jabatan fungsional Ahli Muda di Lingkungan UNP. (utr/Humas UNP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar