Breaking

Jumat, 07 Juni 2024

Mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Konselor FIP UNP Laksanakan Praktik Konseling Lintas Budaya di Batam

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan keterampilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Konselor (PPK) FIP UNP laksanakan praktik Konseling Lintas Budaya (KLB) di Kecamatan Sagulung, Kota Batam. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat-Senin, 7-10 Juni 2024 oleh 7 orang mahasiswa.

Kedatangan praktik mahasiswa PPK disambut bahagia dan suka cita oleh Walikota Batam H. Muhammad Rudi, S.E., MM. beserta Camat dan seluruh Ketua RT/RW se-Kecamatan Sagulung. Dalam sambutan resminya menyampaikan bahwa kegiatan ini baru pertama kali mendapatkan bakti konseling lintas budaya secara langsung di masyarakat Sagulung, dan perwakilan Camat memberikan apresiasi atas kesediaan UNP mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan praktik Konseling Lintas Budaya pada warga di Kecamatan Sagulung. 

Turut membimbing dan mendampingi mahasiswa dalam praktik Konseling Lintas Budaya di Kecamatan Sagulung yaitu Dr. Nurfarhanah, M. Pd., Kons. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Konselor (PPK) FIP UNP, Dr. Yarmis Syukur, M. Pd., Kons. dan Dr. Yeni Karneli, M. Pd., Kons. selaku dosen pengampu mata kuliah Praktik Konseling Lintas Budaya.

Praktik Konseling Lintas Budaya (KLB) bertujuan untuk membantu individu dalam mengatasi masalah dan konflik yang muncul akibat perbedaan budaya, serta memberdayakan individu dari semua latar belakang untuk mengatasi tantangan pribadi dan psikologis dengan cara yang selaras dengan identitas budaya. 

Dalam mencapai keberhasilan kegiatan praktik tersebut maka calon konselor profesional mengaplikasikan layanan dalam bentuk  Layanan Konseling Individual, Layanan Bimbingan Kelompok, Layanan Konseling Kelompok, dan Layanan BK Klasikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar