Breaking

Jumat, 23 Maret 2018

Peringati Hari Air Sedunia, Wagub Nasrul Abit Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan Hidup

Baca Juga

PADANG -- Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan, pelestarian lingkungan alam merupakan upaya nyata dalam rangka menjaga ketersedian air di Sumatera Barat. Menjaga hutan dan lingkungan alam yang asri menjadi kewajiban dan kepedulian setiap masyarakat Sumatera Barat yang berada di daerah terutama yang dekat dengan kawasan hutan.

"Menjaga lingkungan hendaknya menjadi kepedulian dan kepribadian setiap masyarakat kita dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dilingkungan tempat tinggal agar memiliki resapan biopori," ujarnya pada acara memperingati Hari Air Sedunia, Kamis, 22 Maret 2018 di Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala BWSS, Kadis PSDA, Kadis Kehutanan, Kadis Lingkungan Hidup, dan beberapa OPD terkait lainnya.
Menurutnya, secara alami, biopori merupakan pori-pori dalam tanah yang terbentuk akibat aktifitas cacing, rayap, perakaran dan fauna tanah lainnya. Adanya pori-pori akan menambah kegemburan tanah sehingga meningkatkan kemampuannya dalam menyerap, menyimpan air hujan dan sekaligus meningkatkan kesuburan tanah.

Beberapa manfaat lubang biopori, katanya, sebagai media peresapan air, pengkomposan dan peningkatan kesuburan tanah. LRB mampu meningkatkan daya resap air sehingga mengurangi potensi bahaya banjir. Hanya saja antisipasi terhadap bencana banjir memerlukan jumlah LRB yang banyak.

"Saya mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan air sungai, karena melihat kondisi sungai di saat ini sangat memprihatinkan, belum lagi kita harus menyiapkan persediaan air jika musim kemarau terjadi," ujarnya.

Menanam pohon-pohonan dan tumbuh-tumbuhan lain-lain disekitar rumah juga akan bermanfaatkan bagi resapan ketersediaan air. Sebaiknya halaman rumah tidak ditutupi semen semua, perlu juga ada ruang bagi tanaman tanah yann terbuka, jika banjir air akan juga dapat meresap dilingkungan rumah masing-masing, himbaunya.

(rki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar