Breaking

Selasa, 19 November 2019

Gubernur Jambi Pembina Terbaik Tingkat Provinsi Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat 2019

Baca Juga

JAMBI -- Gubernur Jambi Fachrori Umar menerima penghargaan Pembina Terbaik Tingkat Provinsi Swasti Saba Kabupaten / Kota Sehat tahun 2019. penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI dr. Terawan. 

Penghargaan Swasti Saba untuk kabupaten/ kota sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa kegiatan dalam tatanan yang terintegrasi dan disepakati bersama antara masyarakat dengan pemerintah daerah. 

Selanjutnya, dalam Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 dan 1138 Tahun 2005, Pasal 10  menyebutkan bahwa pemerintah akan memberikan penghargaan dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat setiap 2 (dua) tahun sekali yaitu pada tahun Ganjil dan juga menindaklanjuti surat Kementerian dalam Negeri Nomor 440/3395/Bangda, tanggal 23 Juli 2019 tentang Pemberitahuan Verifikasi Lapangan Bagi Kabupaten Kota yang Lolos Verifikasi Dokumen KKS.

Untuk Tahun 2019 ini, dari 202 Kabupaten/Kota yang mengajukan dokumen ke Pusat ternyata hanya 165 Kab kota (81,7%) yang lolos verifikasi lapangan, sedangkan untuk Provinsi Jambi mengajukan 8 Kabupaten/Kota untuk diajukan verifikasi, yaitu Kota Jambi, Kota Sungai Penuh, Kab Merangin, Sarolangun, Bungo, Tebo, Batanghari, dan Tanjab Timur.Selanjutnya telah dilaksanakan verifikasi lapangan oleh Tim Pusat pada tanggal 12 sd 16  Agustus 2019.

Setelah melalui tahapan verifikasi lapangan dan kunjungan pembinaaan, pada tanggal 8 November 2019 berdasarkan Radiogram Menteri Dalam Negeri nomor : 080/12558/SJ telah menetapkan penerima penghargaan yang akan diberikan pada 177 Kab/Kota dan 6 Tim Pembina Provinsi Terbaik. Dan Provinsi Jambi menjadi salah satu Provinsi yang menerima penghargaan sebagai Tim Pembina Provinsi Terbaik  dimana 8 dari 11 Kab/Kota dalam Provinsi Jambi mendapat penghargaan Swasti Saba sebagai berikut : 

1. Level Padapa : Sei Penuh, Merangin, Bungo, Batanghari dan Tanjab Tim

2. Level Wiwerda : Sarolangun, Tebo dan Kota Jambi.

Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan terus fokus mendorong masyarakat di kabupaten kota agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga terciptanya kabupaten kota yang sehat. Selain itu masyarakat juga diminta untuk menjaga kebersihan serta kenyamanan dalam bermasyarakat. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi pemerintah provinsi untuk terus meningkatkan anggaran di bidang  kesehatan dan mendorong kabupaten kota untuk terus menciptakan lingkungan yang bersih aman dan nyaman. 

Selain Gubernur Fachrori Umar penghargaan Swasti Saba juga diserahkan kepada ASN yang berdedikasi dalam penyelenggaraan kabupaten kota sehat tingkat provinsi yakni Suroso ASN Dinkes Jambi. Penghargaan ini baru pertama kalinya Provinsi Jambi menerimanya.

(rel/ede)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar