Breaking

Senin, 11 November 2019

Peternak Sapi P2DK Berterimakasih kepada Bupati Sarolangun Cek Endra

Baca Juga


FS.Sarolangun(JAMBI) -Program Percepatan pembangunan Desa Kelurahan (P2DK) Kabupaten Sarolangun dirasakan sangat membantu masyarakat. Salah satunya di Desa Bukit Talang Mas Kecamatan Singkut, sapi P2DK yang dipelihara warga (Peternak) sudah beranak (berkembang biak), dari 16 ekor  yang dikelola warga  atas dana P2DK tahun 2018, sudah beranak 3 ekor, sisanya sudah bunting.


"Yang sudah baranak adalah sapi yang dipelihara dan dikelola  Darsono di dusun 3 dan Kusnen di  dusun 4, serta  yang dipelihara Sarijo di dusun 4, yang lainnya sudah bunting," kata  Marlian, Pj Kades Bukit Talang Mas,  Minggu (10/11) kepada media ini di lokasi pemeliharaan Sapi Darsono.

Program P2DK yang merupakan Program Primadona Bupati Sarolangun, dari tahun ke tahun sudah terbukti membantu ekonomi masyarakat desa dan kelurahan. Bukan saja bermanfaat secara ekonomi, tapi juga tak kalah pentingnya dapat mencerdaskan masyarakat desa kelurahan dalam menata dan merencanakan perekonomian.

Lanjut Marlian,  karena sesuai petunjuk (Juknis),  Sapi sudah ada yang beranak dan bunting besar ( 8 bulan), perkawinan sapi dilakukan dengan cara inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik berkoordinasi dengan dinas Pertamian dan Peternakan.

"Pengembang biakannya dengan inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik atas kerjasama dengan Dinas Pertamian dan Peternakan, nanti setelah anaknya lepas menyusui, induknya bergulir ke warga lain yang membutuhkan, " tambah Marlian.

Rohana, istri Darsono saat ditemui media ini di rumahnya dusun 3 Desa Bukit Talang Mas, mengungkapkan rasa senang dan terimakasihnya kepada Bupati Sarolangun Cek Endra,
karena bantuan sapi P2DK yang dipeliharanya sudah menghasilkan.

"Kami sangat senang sekali  dibantu seperti ini, kemarin ada yang mau membeli anak sapi jantan kami yang baru lahir seharga Rp 6 juta, tidak kami jual, sapi itu akan kami besarkan agar harganya lebih mahal, terima kasih Pak Bupati Cek Endra," ucap Rohana senang bercampur haru.

"Kalau beli bibit sapi, uang kami dari mana,  Alhamdulillah ada bantuan Bupati Cek Endra, ini sangat berharga bagi kami yang kurang nampu, "  lanjut Rohana.

Terkait hal ini, Izhar  Pendamping P2DK Kabupaten Sarolangun meminta masyarakat yang mendapat bantuan P2DK agar dapat menjaga dan mengelola bantuan dengan baik hingga dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

"Kita harap masyarakat dapat menjaga program Bupati Cek Endra ini dengan baik  hingga tercapainya tujuan Bupati dalam mensejahterakan masyarakat
Kabupaten Sarolangun," ucap Izhar.

Dalam hal ini Ajra,  Kabid UEM DPMD Sarolangun mengatakan, sesuai tujuan Bupati,  Program P2DK yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama dalam pengembangan sektor pertanian, perternakan, perikanan dan industri kecil dan menengah, diharapkan keberhasilan ini bisa diikuti oleh desa-desa yang lainnya di Kabupaten Sarolangun.

"Alhamdulillah, semoga bisa diikuti oleh desa-desa yang lain, sesuai dengan tujuan Bupati Cek Endra, diharapkan pendapatan masyarakat dapat meningkat, perekonomian desa dapat berkembang serta dapat mengurangi tingkat kemiskinan di daerah," ucap Kabid.


Ros/us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar