Breaking

Kamis, 13 Februari 2020

Gempa 4,1 Guncang Kota Padang Panjang

Baca Juga



FS.Padang Panjang(SUMBAR) - Kamis,13 Februari 2020 sekira pukul 01.37 dini hari sebagian masyarakat Kota Padang Panjang, Sumatera Barat dan sekitarnya dikejutkan oleh adanya goncangan gempa bumi. Goncangan tersebut sontak membuat warga tersentak dari tidur lelapnya dan bahkan ada yang berlari berhamburan ke luar rumah.

Berdasarkan informasi yang dianalisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika  Kota Padang Panjang diperoleh paramaeter gempa bumi kekuatan M=4,1 dengan pusat gempa berada di darat pada kiordinat 0,40 Lintang Selatan (LS) dan 100,44 Bujur Timur (BT) yaitu sekitar 8 Km Timur Laut Padang Panjang- Sumatera Barat. Kedalaman gempa diperkirakan pada hiposenter 10 km.

Sementara berdasarkan laporan dari masyarakat bahwa goncangan tersebut dirasakan di Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Bukittinggi III-IV MMI, Payakumbuh III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan maupun korban yang ditimbulkan akibat goncangan gempa tersebut.

Berdaaarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktifitas sesar Sumatera. Hingga saat ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktifitas gempa bumi susulan.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang Irwan Slamet, ST, M.Si yang menyebarkan iformasi ini via media sosial menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan meminta masyarakat agar tetap siaga dan waspada dalam setiap keadaan.

Irwan juga menghimbau masyarakat untuk memastikan informasi resmi yang hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikaai (Instagram/Twiter@olinfoBMKG), webaite (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android) : wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg. (Z.Z)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar