Breaking

Sabtu, 14 Maret 2020

Menilik Keampuhan Jambu Biji untuk Obati Demam Berdarah

Baca Juga

Jambu biji dianggap bisa membantu mengobati demam berdarah. Namun benarkah jambu biji terbukti efektif? 

BIJAKNEWS.COM -- Demam berdarah dengue (DBD) jadi 'pekerjaan rumah' buat Indonesia selain virus corona. Masyarakat musti waspada akan penyebaran penyakit DBD terlebih saat ini hujan masih kerap turun.

Penanganan DBD pun harus dilakukan secara intensif di rumah sakit. Namun tak jarang demi mempercepat kesembuhan pasien, baik keluarga maupun teman mengusahakan menambah ramuan atau bahan herbal untuk dikonsumsi misalnya, jus jambu biji, angkak merah, kurma atau jamu-jamuan.

Akan tetapi, para ahli kesehatan mengatakan jus jambu biji serta obat herbal lain belum menunjukkan bukti ilmiah bisa menyembuhkan DBD.

"Tidak ada bukti jambu biji dan angkak itu meningkatkan trombosit," kata Sukamto, dokter spesialis penyakit dalam di RS Universitas Indonesia saat dihubungi, Rabu (11/3).

Ari Sejati, dokter spesialis penyakit dalam di MRCCC Siloam Semanggi dan RS Atma Jaya mengatakan dia tidak melarang pasien untuk mengonsumsi jus jambu biji atau pengobatan herbal lain. Meski belum ada bukti kuat bisa mengatasi DBD, sejauh masih aman dikonsumsi, dia tidak keberatan.

"Boleh dikonsumsi sebagai suplementasi, bukan sebagai obat utama. Yang utama cairan lewat infus dan pemantauan ketat," imbuhnya dalam wawancara terpisah.

Senada dengan keduanya, Direktur Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan dokter Siti Nadia Tarmizi juga mengungkapkan hal yang sama.

"Belum ada penelitiannya kalau itu (jambu biji, angkak, dan kurma) bisa menyembuhkan demam berdarah. Boleh saja dikonsumsi tapi harus diobati," kata Nadia dalam konferensi pers di Kementerian Kesehatan, Rabu (11/3).

Lebih lanjut Sukamto menjelaskan dampak infeksi virus tidak sederhana. Mekanismenya, kata dia, kompleks tak hanya melibatkan trombosit. Infeksi mengakibatkan trombosit turun, leukosit turun, terjadi liquid plasma atau kebocoran pada pembuluh darah.

Hanya saja ini tak berarti kalau minum jus jambu biji, angkak, atau makan kurma tak ada efeknya sama sekali untuk membantu atau mempercepat penyembuhan. Mengutip berbagai sumber ada berbagai manfaat jambu biji untuk pasien demam berdarah.

Manfaat jambu biji untuk pasien demam berdarah antara lain mempercepat pembentukan trombosit darah baru, membantu menghentikan pertumbuhan virus. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi juga akan menjadi sumber kalsium dan mineral untuk tubuh dan meningkatkan kesehatan.

Hingga kini terdapat 17.820 kasus DBD di Indonesia. Tiga provinsi dengan kasus tertinggi berada di Lampung (3.431 kasus), Nusa Tenggara Timur (2.732 kasus) dan Jawa Timur (1.761 kasus). Dari ribuan kasus sebanyak 104 meninggal. (*/wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar