Breaking

Sabtu, 25 April 2020

Tinjau BIM, Gubernur Irwan Pastikan Semua Penerbangan ke Sumbar Dihentikan, Kecuali...

Baca Juga

Foto: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Ketika Tinjau BIM Untuk Memastikan Semua Penerbangan ke Sumbar Dihentikan.

BIJAKNEWS.COM -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan kunjungan ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu, 25 April 2020. Kunjungan tersebut bertujuan menindaklanjuti Permenhub RI Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Masa Mudik Lebaran Tahun 2020.

Selain itu, Gubernur Irwan ingin memastikan mode transportasi udara di Provinsi Sumatera Barat bisa berjalan dengan baik dan efektif sesuai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat.

"Semua berjalan dengan baik. Untuk hari ini, semua penerbangan tidak ada. Semuanya telah mematuhi peraturan tersebut," ungkap Gubernur Irwan.

Namun Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengharapkan untuk penerbangan pengiriman Cargo tidak berlaku, apalagi saat ini Sumbar masih menunggu kiriman bantuan berupa Alat Perlindungan Diri (APD) dengan jumlah banyak dan alat laboratorium penunjang pemeriksaan untuk kebutuhan rumah sakit dalam penanganan Covid-19 di Sumbar.

"Ada pengecualian, untuk pesawat yang membawa APD dan alat kesehatan sebagai penunjang pemeriksaan pasien di rumah sakit penanganan Covid-19 di Sumbar. Kita sangat membutuhkan peralatan tersebut, jadi ada pengecualiannya," kata Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, khususnya kepada Presiden yang telah memberlakukan peraturan tersebut. 

"Sehingga kita di Provinsi Sumatera Barat merasakan manfaat yang sangat besar, yaitu dapat mengendalikan angka jumlah pemudik yang masuk ke wilayah Sumatera Barat sekaligus dapat menekan angka penyebaran Covid-19," katanya.

"Arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) sudah jelas kita semua harus patuhi. Data menunjukkan makin banyak yang mudik, maka tingkat naiknya (orang) positif Covid-19 juga makin tinggi. Makin sedikit mudik, maka positif Covid-19 juga makin sedikit," jelasnya.

Untuk Selanjutnya, pemprov Sumbar dapat mengoptimalkan penanganan secara intensif kepada orang yang sudah terdampak. 

"Mudah-mudahan kedepan selama pelaksanaan PSBB, Provinsi Sumatera Barat dapat terbebas dari penyebaran Covid-19," tukas Irwan Prayitno.

Sementara Officer in Charge (OIC) PT. Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau, Hendry Zai juga mengatakan, bahwa sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi untuk penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal kecuali untuk penerbangan khusus sudah diberhentikan, sehingga untuk penerbangan kemarin yang tersisa 4 sampai 5 flight sudah parkir di BIM dan tidak ada jadwal penerbangan kembali ke daerah lain.

Begitu juga hampir diseluruh bandara di Indonesia telah banyak parkir pesawat yang tidak ada penerbangan selanjutnya.

(by/nov)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar